Home Food Manis Menggiurkan, Yuk Bongkar Resep Selai Srikaya!

Manis Menggiurkan, Yuk Bongkar Resep Selai Srikaya!

Food enthusiast kini sedang marak meracuni para netizen dengan review makanan berupa roti isian srikaya berwarna hijau segar yang tampak menggiurkan. Sebetulnya makanan ini sudah ada sejak lama, tetapi karena saking viralnya di media sosial, roti isi selai srikaya ini pun langsung jadi trending. Ternyata roti tersebut didapat dari pedagang roti srikaya di sekitar Jakarta yang sedang marak digandrungi para foodiest.

Siapa sangka meski namanya selai srikaya, tetapi sesungguhnya bahan baku isian roti ini bukanlah terbuat dari buah srikaya. Bahan utamanya adalah santan, gula, dan telur. Warna yang dihasilkan pun beragam dan cantik seperti kuning, hijau, atau oranye. Hal tersebut bergantung dari tingkat kematangan telur atau bahan pewarna alami lainnya. Daripada jauh-jauh berburu roti srikaya, mending coba kulik resepnya sendiri yuk!

1. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu

Siapkan bahan-bahan berikut.

  • 200 ml santan kental
  • 4 butir kuning telur
  • 150 g gula pasir
  • ½ sdt bubuk vanili
  • 2 lembar daun pandan diikat simpul

2. Mulai panaskan bahan-bahan seperti santan, gula pasir, vanili, dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih, lalu matikan api.

3. Kocok kuning telur hingga merata sempurna. Agar rasa selai lebih gurih dan warnanya menarik, kamu bisa mengganti kuning telur ayam dengan telur bebek yang warnanya lebih oranye.

4. Tuangkan kocokan telur ke dalam santan yang telah dididihkan. Masak kembali bahan-bahan tersebut sambil terus diaduk hingga mengental.

5. Sesuaikan kekentalan dengan seleramu. Kalau menurutmu sudah pas, tuangkan selai ke dalam toples kaca.

6. Kalau ingin warna selai lebih menarik, kamu bisa menambahkan air daun suji agar warnanya lebih kehijauan.

Ternyata semudah itu ya membuatnya. Tanpa memakan waktu lama, selai srikaya siap kamu nikmati sebagai isian roti untuk pelengkap menu sarapanmu di pagi hari. Setidaknya nutrisi telur dan gula yang terkandung di dalamnya dapat memberimu energi lebih untuk memulai hari.

Related Articles

Leave a Comment