Home Food Manjakan Lidah, 6 Kuliner Khas Batam yang Kaya Rempah

Manjakan Lidah, 6 Kuliner Khas Batam yang Kaya Rempah

Indonesia memang surganya kuliner, salah satunya kota Batam. Setelah pesona alamnya yang memanjakan mata, urusan kulinernya juga pantas mendapat acungan jempol. Menjadi salah satu kota yang memiliki aneka kuliner khas bercita rasa Nusantara, dengan segala kekayaan rempah-rempahnya membuat para wisatawan tidak akan melewatkan sajian yang menggugah selera. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, sensasi kuliner khas Batam berhasil bikin kamu ngiler dan nggak sabar ingin segera terbang ke kota Bandar Dunia Madani ini. Mau coba? Simak dulu yuk 6 sajian makanan favorit ini yang pastinya bakal bikin perut kamu keroncongan.

1. Kelezatan siput gonggong yang tiada duanya, pokoknya jangan sampai terlewatkan!

Meskipun berada di Kepulauan Riau, tetapi bumbu dan kelezatan yang ditawarka nggak kalah lezat dengan yang ada di kota-kota besar. Makanan khas Batam yang kudu wajib kamu nikmati adalah siput gonggong. Pasti kamu bertanya-tanya, apa sih siput gonggong itu? Yup, gonggong merupakan sejenis hewan laut berbentuk siput yang memiliki rasa gurih dan lezat dengan tesktur yang sedikit kenyal ketika disantap. Nah, kuliner ini biasanya disajikan dengan cara direbus menggunakan air, garam, dan jahe. Tak lupa tambahkan sambal sebagai pelengkap yang pastinya bikin kamu nggak sabar untuk langsung menyantapnya. Sedaaappp!

2. Bukan sop ikan biasa, sop ikan di sini punya cita rasa yang nendang banget

Makanan lezat khas Batam selanjutnya yang harus kamu coba adalah sop ikan. Meskipun menu ini bisa kamu temukan di kota besar lainnya, tetapi sajian dan bumbunya pasti berbeda dong. Sop ikan dari Batam ini mempunyai cita rasa yang nendang banget. Bahan utamanya adalah ikan tenggiri dengan tambahan irisan sawi putih, tomat muda, dan kuah bening dari bawang putih dan ebi sangrai. Rasanya? Tidak perlu diragukan lagi karena kuliner satu ini telah menjadi makanan favorit para pelancong.

3. Mie Tarempa dengan bumbu kental nggak pernah gagal menggoyang lidah

Buat kamu pencinta mie harus banget cobain sajian khas kota Batam, yaitu Mie Tarempa. Kuliner ini berasal dari daerah pulau Tarempa yang ada di Kepulauan Riau dan biasanya koki yang memasak pun berasal dari pulau Tarempa. Bentuknya pipih dan lebar dan disajikan dalam dua tipe, kuah dan goreng. Cita rasanya kaya akan bumbu-bumbu kental dengan rempah yang berasa banget. Betul-betul Indonesia punya nih!

4. Walaupun namanya unik, tetapi kelezatan Mie Lendir tak boleh diremehkan

Jangan liat dari namanya ya, tetapi nilai dari rasanya. Meskipun namanya terdengar tidak lazim, tetapi kata lendir itu sendiri berasal dari tekstur kuah yang kental. Kebayang kan, gimana cita rasanya? Mie Lendir terbuat dari campuran antara mie kuning dan mie putih yang dilengkapi dengan topping tauge, telur rebus, potongan cabai hijau, seledri dan bawang goreng. Untuk kuahnya sendiri, berwarna cokelat dengan rasa yang manis. Tenang saja, rasa kuah yang manis akan semakin sedap terasa dengan irisan cabai rawit sebagai pelengkapnya.

5. Luti Gendang jajanan istimewa favorit para wisatawan

Luti Gendang merupakan salah satu camilan favorit khas Batam nih. Sekilas penampakannya terlihat seperti roti goreng. Namun, di dalamnya terdapat isian ikan tuna segar yang telah dihaluskan dengan bumbu-bumbu khas. Tekstur luar roti yang istimewa membuat makanan ini sangat spesial. Pokoknya paduan antara kerenyahan di bagian luar dan kelembutan di bagian dalam. Oh ya, jajanan ini biasanya dijadikan oleh-oleh favorit para wisatawan, lho!

6. Bingka bakar yang namanya populer sebagai oleh-oleh khas Batam

Sudah jauh-jauh mampir ke Batam, kurang afdol kalau nggak bawa oleh-oleh. Buah tangan paling populer dari Batam, jelas bingka bakar jawabannya. Bingka ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula, telur, dan santan yang dimasak menggunakan oven hingga matang. Aroma wangi yang bikin perut keroncongan bikin bingka bakar bisa dikatakan sebagai camilan enak dari Batam. Bingka yang punya tekstur lembut ini hadir dengan varian rasa yang tentunya sangat menggoda selera.

Dari keenam makanan lezat ini, mana yang paling menggoda untuk dicoba? Memang deh, Batam menyimpan keeksotisannya sendiri, baik lewat pesona alam maupun kulinernya yang khas.

Related Articles

Leave a Comment