Home Food Mudah Dibuat, 5 Olahan Legit dari Kurma untuk Sajian Puasa

Mudah Dibuat, 5 Olahan Legit dari Kurma untuk Sajian Puasa

Bulan puasa selalu identik dengan kurma, makanan yang disunahkan untuk menjadi pelengkap sajian sahur maupun berbuka. Nggak heran deh kalau bulan puasa tiba, pasti selalu ada hidangan kurma di setiap rumah. Acap kali, mungkin kamu bosan dengan hidangan kurma yang itu-itu saja selama satu bulan lamanya. Namun agar sajian puasa lebih variatif, kamu bisa lho mencoba resep kreasi olahan kurma lainnya.

Manfaat yang terkandung dalam kurma dapat memberikan apa yang tubuh kita butuhkan saat berpuasa, seperti antioksidan, serat alami terbaik untuk pencernaan, hingga karbohidrat. Walaupun kamu hanya mengonsumsi 3 buah kurma saat berbuka dan sahur, sudah mampu memberi kebutuhan nutrisi untuk tubuhmu. Biar nggak bosan ketemu kurma terus selama bulan puasa, yuk intip resep olahan kurma yang bisa jadi sajian untuk sahur maupun berbuka.

1. Susu kurma, saatnya kebaikan susu dan kurma jadi satu

youtube.com/Masak.TV

Cara membuat susu kurma ini ternyata cukup mudah kok. Kamu hanya perlu memblender satu gelas susu cair, 3 buah kurma, dan es batu secukupnya. Setelah halus, tinggal kamu masukkan ke dalam botol lalu tutup rapat dan simpan ke dalam kulkas. Diminum saat dingin lebih segar, lho! Lagi pula, smoothies kurma ini bisa memberimu energi lebih banyak untuk menjalani aktifitas sehari-hari saat puasa.

2. Kalau bosan menyantap kurma secara langsung, kamu bisa mengkreasikannya menjadi bolu kurma

youtube.com/Cookinc TV

Kebayang deh, pasti hasilnya gurih, manis, dan legit. Cara pembuatannya juga persis seperti membuat bolu pisang ataupun bolu lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah kamu perlu mencampurkan bahan buah kurma ke dalamnya. Nantinya, tekstur kurma yang legit pada bolu mirip seperti bolu kismis. Cocok nih untuk disajikan saat berbuka.

3. Diolah jadi kurma cokelat, biar ada sensasi yang berbeda saat menyantap kurma

youtube.com/Domo Bramantyo

Kalau ada kerabat atau keluarga yang pergi ke Tanah Suci, pasti kamu pernah dong kebagian cokelat kurma? Padahal kamu bisa bikin sendiri lho sajian kurma berselimut cokelat ini. Caranya sih gampang banget, cukup lelehkan cokelat batang (kalau mau rasanya lebih premium kamu bisa pakai cokelat merek Silver Queen atau Cadburry), pisahkan kurma dari bijinya, lalu taburi kurma dengan cokelat yang sudah leleh. Sebagai variasi, kamu bisa mengganti isian kurma dengan kacang almond atau kacang mede. Setelah itu, simpan di dalam kulkas dan tunggu hingga mengeras. Jadi deh, cokelat kurma rumahan ala kamu.

4. Kalau rasanya kurang nikmat berbuka tanpa gorengan, coba bikin kurma goreng

youtube.com/Bara Supercook

Gorengan juga jadi salah satu menu berbuka yang banyak diincar, guys! Biar menu gorengan kali ini terasa beda, kamu bisa mengkreasikan kurma menjadi kurma goreng. Pisahkan terlebih dahulu isi kurma dengan bijinya, lalu pipihkan agar lebih tipis. Baluri dengan tepung manis yang biasa untuk pisang goreng. Tunggu hingga matang dan sajikan selagi hangat. Hmm, sedap!

5. Bola-bola kurma, bisa jadi camilan berbuka puasa atau bahkan disajikan saat Lebaran

youtube.com/Endeus.tv

Bola-bola kurma merupakan olahan alternatif lain dari kurma. Camilan manis ini juga boleh lho masuk anggota geng kue Lebaran bersama kue putri salju, nastar, dan kue kacang yang biasanya menghiasi meja tamu saat momen Lebaran tiba. Cara membuatnya pun ternyata nggak sulit. Simak videonya biar kamu tahu cara mudah membuatnya.

Berburu takjil atau bahkan membuat takjil sendiri untuk hidangan berbuka memang menjadi momen paling menyenangkan. Bagaimana tidak, setelah menahan lapar, haus, dan emosi seharian akhirnya kamu dimanjakan dengan hidangan-hidangan lezat nan menggugah selera.

Related Articles

Leave a Comment