Home Food Super Kriuk, 5 Resep Camilan Pedas Gurih yang Bikin Nagih

Super Kriuk, 5 Resep Camilan Pedas Gurih yang Bikin Nagih

keripik pedas

Camilan bercita rasa pedas gurih yang kriuk di mulut pasti sulit sekali ditolak lidah orang Indonesia. Entah berkat kandungan micinnya yang bikin nagih atau karena sensasi kriuknya yang bikin susah buat berhenti nyemil? Walau tak sehat, tapi kenapa ya camilan keripik pedas selalu menarik perhatian? Apalagi kalau bumbu pedas gurihnya nyata terlihat, wah udah jelas bikin ngiler si pencinta pedas.

Meski gurihnya terbukti nikmat, tetap saja kamu nggak boleh terlalu sering mengonsumsi camilan tersebut ya, karena dikhawatirkan dapat mengganggu sistem pencernaan akibat rasa pedasnya. Kalau dijadikan camilan teman menonton film untuk sesekali sih nggak masalah. Asal diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup. Penggemar camilan pedas gurih harus tahu nih 5 resep camilan pedas gurih biar bisa bikin sendiri di rumah!

1. Kerupuk seblak yang ini sih bukan hanya sekadar kerupuk

youtube.com/CR COOK

Karakteristik kerupuk seblak ini pada umumnya memang cukup bantet dan terlihat agak mentah, tetapi kriuknya tetap nendang lho! Biar kerupuk seblak ini tidak mengembang saat digoreng tanpa meninggalkan kerenyahannya, kuncinya adalah direndam minyak goreng terlebih dahulu sebelum digoreng selama 20 menit.

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk bumbu kerupuk seblaknya. Di sini kamu membutuhkan irisan kencur sesuai selera, irisan bawang putih, daun jeruk, dan cabai rawit yang digoreng dengan api kecil agar tidak gosong. Setelah digoreng, tiriskan sampai benar-benar kering agar bisa diulek menjadi bubuk. Setelah bumbu jadi, goreng kerupuk 3-5 menit dari minyak dingin hingga kerupuk sedikit mengembang. Terakhir, campurkan kerupuk seblak beserta bumbu, lalu tambahkan bubuk kaldu dan bubuk cabai sesuai dengan selera pedasmu.

2. Lumpia gulung, camilan murah-meriah yang mudah dibuat

youtube.com/Mama Adeeva

Lumpia gulung bisa disulap jadi camilan murah-meriah buat nemenin momen nyantai kamu. Kamu hanya membutuhkan kulit lumpia yang digulung memanjang. Namun sebelum digulung, jangan lupa oleskan telur di sisi-sisi lingkarannya agar gulungan tidak lepas saat digoreng. Setelah digulung memanjang, gunting kecil-kecil dengan bentuk sedikit miring lalu goreng hingga renyah. Untuk bumbunya sendiri, kamu hanya membutuhkan bubuk cabai, bon cabe, dan garam. Selamat mencoba!

3. Makaroni pedas asin, kaum pencinta micin pasti akrab sama camilan ini kan!

youtube.com/Vieta rizqia

Cara membuatnya terbilang mudah kok, jadi kamu bisa bikin sendiri di rumah. Makaroni pedas asin homemade dengan bumbu yang pas di lidah sendiri. Cukup siapkan makaroni, lalu rebus sampai setengah matang. Tiriskan hinga dingin, kemudian goreng. Untuk bumbunya sendiri, goreng irisan bawang putih hingga renyah. Setelah bawang ditiriskan, ulek sampai jadi bubuk dan campurkan bersama bubuk cabai beserta garam. Mudah kan? Yuk bikin sendiri, biar nggak jajan mulu nih!

4. Mie lidi jajanan zaman sekolah yang tak lekang oleh waktu

youtube.com/adinda amira

Mie lidi memang bikin kamu nostalgia sama jajanan zaman sekolah dulu. Nah, ternyata bikinnya nggak sesulit itu kok. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Bahan-bahannya hanya spageti, bon cabe, bubuk cabai, dan garam. Cara membuatnya, patahkan spageti menjadi 2 bagian kemudian goreng hingga warnanya kuning keemasan. Tiriskan lalu masukkan ke dalam kotak makan, taburi bumbunya sesuai seleramu dan shake secara merata. Yeay, jadi bisa nostalgia kapan pun!

5. Usus krispi pedas asin yang bikin nggak berhenti ngunyah

youtube.com/resep bunda yustin

Memang sih membuatnya sedikit lebih butuh effort dibandingkan camilan-camilan tadi. Eits, jangan salah, usus krispi pedas asin ini gurihnya nggak main-main! Yuk, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti usus yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong sepanjang 5 cm, bumbu usus (bawang putih, kunyit, penyedap rasa, merica bubuk, dan garam), lalu tepung terigu.

Cara membuatnya, lumuri usus dengan bumbunya sebelum dibalut terigu. Setelah terbalut terigu, ayak usus di atas saringan agar tepung yang tidak menempel tidak ikut tergoreng dan membuat minyak cepat kotor. Usahakan usus terendam minyak goreng dan tidak saling menempel satu sama lain. Jangan buru-buru diaduk, biarkan usus sedikit kering agar tepung dapat menempel secara sempurna. Untuk bumbunya hampir sama seperti resep-resep camilan sebelumnya. Goreng irisan bawang putih dan ulek hingga jadi bubuk, kemudian campurkan bubuk cabai atau bon cabe dan garam.

Itu dia kelima resep camilan pedas gurih yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. Mengonsumsi camilan seperti ini sih oke saja asalkan masih dalam porsi yang wajar dan seimbangkan asupanmu dengan buah dan sayur. Plus konsumsi air putih secukupnya agar pencernaan tetap berjalan dengan baik, ya!

Related Articles

Leave a Comment