Home Food 6 Kuliner Khas Drama Korea yang Gampang Dimasak Sendiri

6 Kuliner Khas Drama Korea yang Gampang Dimasak Sendiri

kuliner drama Korea

Sejak munculnya imbauan untuk #DiRumahAja beberapa waktu lalu, nggak sedikit masyarakat yang jadi menggemari serial drama Korea. Beberapa judul drama Korea pun kerap jadi perbincangan dan ramai di media sosial, mulai dari pemeran, jalan cerita, sampai makanannya. Kalau kamu yang termasuk suka menonton juga, pasti ngeh banget deh kalau ramyoen kayaknya hampir selalu ada di drama Korea. Selain mie khas Korea, ada juga beberapa makanan yang kadang seliweran di beberapa episode. Kalau biasanya kamu cuma lihat di drama, sekarang bisa lho kamu cobain dengan membuatnya sendiri. Berikut beberapa resep mudah dari kuliner ala drama Korea yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah.

1. Kimchi

youtube.com/Fun Cooking with Yackikuka

Dalam drama Korea, kimchi ini ibarat menu pelengkap yang cocok dimakan sama apa saja dan hampir selalu ada saat makan. Saat makan mie instan, daging sapi, atau makan bersama keluarga di rumah, kimchi pasti ikut terhidang di meja makan. Pada dasarnya, kimchi merupakan asinan sayur yang difermentasi. Biasanya sayur yang digunakan adalah sawi putih yang nantinya akan diberi bumbu pedas.

2. Tteokbokki

youtube.com/Fun Cooking with Yackikuka

Tteokbokki termasuk dalam camilan atau jajanan pasar. Terbuat dari tepung beras yang dibentuk batang atau silinder, ttteokbokki kerap disebut juga sebagai pojangmacha karena banyak dijual di daerah Pojangmacha. Teksturnya yang kenyal dengan kuah yang pedas menjadikannya sebagai penganan favorit yang banyak disukai orang.

3. Kimbap

youtube.com/Korea Reomit

Kimbap merupakan kuliner Korea yang bentuknya serupa dengan sushi. Hanya saja, dalam kimbap kamu bisa menambahkan banyak isian sesuai dengan selera. Umumnya, kimbap berbentuk bulat, walau ada juga yang berbentuk segitiga. Dalam drama Korea, kuliner ini biasanya hadir sebagai bekal makan siang atau makanan yang dibawa saat sedang piknik atau jalan-jalan.

4. Sundubu Jjigae

youtube.com/Devina Hermawan

Nama makanan ini memang terdengar tidak asing ya, apalagi kalau kamu sempat menonton drama Itaewon Class. Yes, menu ini merupakan salah satu signature food dalam kedai Danbam milik Park Sae Royi. Sundubu Jjiggae sendiri adalah sup tahu sutera berkuah pedas dan gurih yang ditambahkan dengan sayuran, daging sapi, atau seafood. Biar semakin mantap, tinggal tambahkan telur di atasnya deh. Waduh, jadi bikin lapar.

5. Japchae

youtube.com/Kokiku TV

Kalau japchae adalah makanan Korea yang biasanya dihidangkan sebagai lauk dalam acara khusus, seperti perayaan ulang tahun atau saat tahun baru. Kalau dilihat sekilas, japchae ini mirip dengan sohun goreng di Indonesia ya. Yup, japchae memang berbahan dasar sohun yang dimasak dengan berbagai jenis sayur yang ditambahkan daging sapi.

6. Jjangmyeon

youtube.com/Willgoz Kitchen

Makanan berbahan dasar mie ini dihadirkan dengan saus jjang dari fermentasi kedelai hitam. Rasanya yang gurih jadi kesukaan banyak orang apalagi saat disajikan dengan lobak dan daging sebagai pelengkap. Tenang saja, daging yang kamu gunakan tentu saja bisa kamu ganti dengan dengan sapi atau ayam ya.

Nah, jadi ngiler kepingin nyobain semuanya kan? Kira-kira menu yang mana nih yang mau kamu buat duluan?

Related Articles

Leave a Comment