Home Food Anti Bosan, 7 Olahan Ayam Khas Indonesia Kaya Cita Rasa

Anti Bosan, 7 Olahan Ayam Khas Indonesia Kaya Cita Rasa

olahan-ayam

Olahan ayam merupakan salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang. Sebut saja ayam goreng, ayam bakar, ayam penyet, ayam geprek, atau soto ayam kalau kamu memang lagi kepingin makan ayam dengan kuah. Menu-menu tersebut terdengar sangat familiar ya? Tentu saja, karena memang mudah ditemui sehari-hari. Menu ayam yang itu lagi-itu lagi, lama-lama pasti bisa bikin kamu merasa bosan juga kan, bahkan rasanya sampai kurang selera untuk makan. Nah, berikut ada beberapa variasi olahan ayam yang juga merupakan makanan khas daerah di Indonesia. Jadi, kalau kamu suka banget makan ayam, wajib banget nih nyobain menu-menu ini. Cita rasanya yang berbeda-beda dijamin bakalan bikin kamu jadi anti bosan deh makan ayam. 

1. Ayam Paniki – Ternate

youtube.com/Rasamasa

Menu olahan ayam yang merupakan kuliner khas Ternate ini punya cita rasa pedas yang mampu membuat melek mata. Belum lagi dengan kuahnya yang bersantan, rasa gurihnya beneran nendang. Nggak cuma populer di Ternate, ayam paniki juga terkenal di Manado. Bedanya, ayam paniki di Manado cenderung menambahkan air biasa alih-alih santan. Mau tetap menggunakan santan atau tidak, yang pasti ayam paniki ini enak banget jadi teman makan nasi.

2. Garang Asem – Jawa Tengah

youtube.com/Masak.TV

Sesuai dengan namanya, olahan ayam yang juga kuliner khas Jawa Tengah ini bercita rasa pedas dan asam. Rasa pedasnya diperoleh dari cabai rawit. Kamu bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera ya. Adapun rasa asam berasal dari belimbing wuluh yang membuat makanan ini punya rasa yang khas. Garang asem dimasak menggunakan daun pisang. Cara membuatnya bisa dibilang mudah. Kamu tinggal membungkus semua bahan menggunakan daun pisang, kemudian kukus hingga matang. Sajikan bersama nasi hangat, rasanya beneran mantap.

3. Ayam Taliwang – Sumbawa

youtube.com/Net Lifestyle

Makanan berbahan dasar ayam ini jadi kuliner khas Pulau Lombok, tepatnya Taliwang. Jika menilik dari sejarah, konon ayam taliwang ini merupakan salah satu menu yang disajikan juru masak dari Kerajaan Taliwang untuk pasukan kerajaan yang pada saat itu sedang membantu kerajaan Selaparang berdamai dengan kerajaan Karangasem. Ayam taliwang diolah dengan cara dibakar, kemudian diberi bumbu yang teksturnya seperti saus. Biar makin sedap, sajikan ayam taliwang dengan plecing kangkung sebagai menu pendamping.

4. Ayam Betutu – Bali

youtube.com/Belanja Dapur Official

Kangen liburan ke Bali tapi belum bisa ke sana? Mari lakukan jalan ninja dengan menghadirkan kulinernya di rumah, yaitu ayam betutu. Olahan ayam khas Bali ini disajikan bersama bumbu khusus yang dikenal dengan sebutan base genep. Base genep ini nantinya dibalurkan ke seluruh bagian ayam yang telah dibersihkan. Setelah selesai dibumbui, ayam siap dibakar. Sajikan ayam betutu bersama plecing kengkung dan sambal matah supaya rasanya makin ngeunah.

5. Ayam Cincane – Samarinda

youtube.com/Masak.TV

Kalimantan juga punya menu olahan berbahan dasar ayam yang jadi ciri khas masyarakat Samarinda. Dengan tampilannya yang berwarna kemerahan, ayam cincane biasa disajikan pada saat acara-acara tertentu, seperti pesta pernikahan atau penyambutan tamu kehormatan. Kalau kamu penasaran seenak apa rasanya, kamu nggak perlu nunggu momen penting dulu. Yuk langsung eksekusi di rumah. Cara membuatnya juga mudah banget. Kamu tinggal masak ayam bersama bumbu-bumbunya. Setelahnya, ayam dibakar hingga matang. Jangan buang sisa bumbu saat memasak ayam ya. Kamu bisa lumuri kembali bumbu tersebut ke ayam yang telah dibakar untuk menambahkan cita rasa yang semakin sedap.

6. Ayam Woku – Manado

youtube.com/Devina Hermawan

Kalau menyebut kuliner dari kota Manado, ayam woku pasti jadi salah satu menu yang langsung terlintas di kepala. Ayam woku memang identik banget sebagai  kuliner kota Manado. Bumbu kuningnya yang bercita rasa pedas mampu menghasilkan perpaduan rasa yang khas. Apalagi ditambah dengan bumbu-bumbu aromatik, seperti daun jeruk, daun pandan, daun kemangi, dan serai, ayam woku makin terasa sedap menggugah selera. Cocok banget deh buat jadi variasi dalam menu masakan harian kamu.

7. Ayam Tuturuga – Manado

youtube.com/Rasamasa

Nggak cuma ayam woku, masih ada menu olahan ayam lain yang juga berasal dari Manado lho, namanya ayam tuturuga. Kalau dilihat sekilas, ayam tuturuga mirip banget sama opor ayam dengan kuah yang kental. Namun kalau dicicipi dari segi rasa, sudah pasti berbeda. Ayam tuturuga menggunakan banyak daun sebagai bahan. Sebut saja ada daun jintan daun kunyit, kucai, daun pandan, daun jeruk purut, dan kemangi. Jadi, kebayang dong kalau ayam tuturuga ini punya rasa yang kaya banget. Nggak cuma unik dan enak, yang pasti bisa bikin kamu kepingin makan lagi dan lagi.

Wah, ternyata ayam bisa diolah jadi berbagai macam menu ya. Kira-kira, olahan ayam nomor berapa nih yang mau kamu cobain duluan?

Related Articles

Leave a Comment