Home Food Gak Harus Nasi, Ganti Menu Sarapan Jadi Lebih Kaya Nutrisi

Gak Harus Nasi, Ganti Menu Sarapan Jadi Lebih Kaya Nutrisi

makan-salad

Nasi tampaknya jadi makanan yang identik banget dengan Indonesia. Sampai-sampai muncul istilah belum makan kalau belum makan nasi. Termasuk dalam hal sarapan, nasi termasuk jadi menu pilihan yang difavoritkan. Sebut saja nasi uduk, nasi goreng, nasi kuning, atau ketupat sayur. Wah, menyebutnya saja langsung terbayang bagaimana tampilan dan rasanya yang enak ya. Mengonsumsi nasi tentu bukanlah sebuah masalah. Akan jadi soal tersendiri kalau kamu makan dalam porsi banyak. Namun, apa kamu yakin bisa membatasi untuk makan dalam jumlah yang sedikit? Pasti bakalan tergoda deh untuk menghabiskan satu porsi yang berakhir dengan kekenyangan.

Sarapan yang harusnya menyegarkan dan memberi energi malah bisa jadi bumerang dan memberi kantuk kemudian. Untuk menghindari hal tersebut, coba deh ganti menu sarapan kamu dengan menu yang bukan nasi. Selain jadi lebih menyehatkan dan terasa ringan, kamu juga bisa bisa tetap kenyang. Menu-menu ini mudah banget lho untuk kamu buat sendiri di rumah. Yuk, cobain bikin dan konsumsi secara rutin.

1. Smoothies

youtube.com/SKWAD Fitness

Smoothies termasuk menu yang lagi happening banget akhir-akhir ini. Cara membuatnya super mudah karena tinggal di-blend saja semua bahan-bahannya. Lalu siap minum deh. Kamu bisa menambahkan yoghurt yang memiliki kandungan protein tinggi sehingga bisa memberi efek kenyang lebih lama. Kamu juga bisa membuat green smoothies dengan  menambahkan sayuran hijau supaya smoothies kamu semakin sehat dan kaya nutrisi.

2. Scrambled Eggs

youtube.com/Yuda Bustara

Telur jadi favorit banyak orang sebagai menu sarapan karena selain harganya relatif terjangkau dan mudah didapatkan, telur gampang banget untuk diolah. Nggak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan? Buat scrambled egg bisa jadi kuncian. Cukup dengan mengocok telur yang sudah diberi garam dan gula, lalu tambahkan mentega di pan dan aduk telur dengan cepat menggunakan spatula. Sarapan kamu nggak cuma sehat bergizi, tetapi bisa jadi fancy dengan menambahkan komplimen mashed avocado dan roti seperti di resep ini.

3. Fritata

youtube.com/Kokiku TV

Sajian telur lainnya yang bisa jadi pilihan kamu untuk sarapan adalah fritata. Fritata berasal dari Italia dengan bentuk yang serupa dengan omelete atau telur dadar. Bedanya, fritata dilengkapi dengan bahan tambahan lain, seperti sayuran, daging, atau keju. Sarapan fritata ibarat makan telur dadar yang naik kelas. Sarapan nggak cuma sehat, tetapi jadi serasa mewah layaknya di hotel bintang lima.

4. Salad

youtube.com/Fany Sebayang

Buat kamu pencinta makanan fresh, salad bisa jadi pilihan terbaik untuk memulai hari. Tinggal iris-iris sayuran favorit kamu, lalu tambahkan mayones atau salad dressing. Aduk supaya semuanya tercampur dengan rata. Salad yang yummy pun siap kamu santap. Untung rasa kenyang yang lebih lama, kamu bisa menambahkan kentang atau telur rebus di piring salad kamu.

5. Overnight Oatmeal

youtube.com/Kokiku TV

Oatmeal adalah salah satu makanan kaya manfaat yang bisa jadi pilihan sehat sebagai pengganti nasi. Makanan rendah kalori dan tinggi serat ini diyakini bisa membantu menekan risiko penyakit jantung dan kanker usus. Sebagai menu sarapan, kamu bisa tambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, atau madu sesuai selera. Tinggal disimpan di kulkas saat malam hari. Begitu bangun pagi, bisa langsung kamu nikmati deh.

Wah, ternyata ada banyak sekali ya pilihan menu selain nasi yang bisa dijadikan menu sarapan pagi. Kira-kira, besok mau pilih menu yang mana duluan ya? Yuk, coba rutinkan dan rasakan manfaatnya kemudian.

Related Articles

Leave a Comment