Home Food Segar Banget, 8 Es Nusantara Ini Bisa Dicoba di Rumah

Segar Banget, 8 Es Nusantara Ini Bisa Dicoba di Rumah

es-dawet

Kuliner Indonesia memang nggak pernah ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari makanan, camilan, jajanan kaki lima, sampai minuman, termasuk sajian es dengan cita rasa yang khas dari daerah-daerah di Nusantara. Ragam es Nusantara ini nggak cuma tampilannya saja yang menggoda. Rasanya yang enak dan segar juga mampu jadi pelepas dahaga. Untuk mencobanya, kamu nggak perlu harus sampai berkunjung ke daerah. Soalnya, kamu bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Apalagi saat cuaca sedang terik-teriknya, minum es ibarat solusi nomor satu yang paling jitu. Yuk, cobain bikin.

1. Es Pisang Ijo

youtube.com/Endeus.tv

Sesuai dengan namanya, es yang jadi primadona di Sulawesi Selatan, terutama Makassar ini berbahan dasar pisang yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau. Pisang kemudian dimasak dengan cara dikukus. Setelah matang, pisang diiris dan disajikan dalam mangkuk yang sudah diberi es batu. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan bubur sumsum dan sirup cocopandan. Yummy! Sungguh segar sekali, apalagi disantap saat cuaca sedang panas-panasnya.    

2. Es Pallu Butung

youtube.com/Masak.TV

Masih dari Sulawesi Selatan, es ini sebelas dua belas nih sama es pisang ijo. Bedanya, pisang di es ini nggak perlu dibungkus adonan tepung. Jadi bisa langsung diiris. Jenis pisang yang digunakan juga biasanya berbeda. Kalau pisang ijo menggunakan pisang kepok, es pallu butung cenderung menggunakan pisang raja. Es pallu butung juga biasanya punya topping yang lebih meriah. Nah, tinggal selera kamu nih lebih suka es pisang ijo, pallu butung, atau keduanya?

3. Es Sirsak

youtube.com/Endeus.tv

Es khas Manado ini punya cita rasa yang segar banget. Cara membuatnya pun mudah. Kamu hanya tinggal menyiapkan irisan kelapa muda lalu tuang jus sirsak di atasnya. Sebagai topping, tambahkan berbagai macam buah-buahan, seperti stroberi, buah naga, kiwi, atau nangka. Biar rasanya makin mantul, coba deh untuk mengganti air putih dengan air kelapa muda saat membuat jus sirsak. Dijamin bakal makin seger.

4. Es Tambring

youtube.com/Masak.TV

Es tambring termasuk salah satu minuman tradisional Bali yang nggak cuma bisa jadi pelepas dahaga, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Cita rasa es tambring unik banget karena dibuat dengan mencampurkan daging kelapa muda, air asam jawa, dan putih telur ayam kampung. Iya, kamu nggak salah baca. Es ini memang menggunakan telur. Pasti penasaran deh gimana ya rasanya? Alih-alih amis dari putih telur, air asam jawa siap jadi penetralisir yang bikin es tambring jadi enak dan nikmat untuk dikonsumsi.

5. Es Selendang Mayang

youtube.com/Cooking with Hel

Sebagai salah satu minuman tradisional Jakarta, keberadaan es selendang mayang makin ke sini justru makin jarang dijumpai. Es ini biasanya baru hadir pada saat perayaan tertentu terkait dengan kota Jakarta atau festival yang erat dengan budaya Betawi. Berbahan dasar tepung beras atau bisa juga diganti dengan tepung hunkwe, es selendang mayang nggak cuma menyegarkan, tetapi juga bisa mengenyangkan. Ditambah dengan es batu dan siraman air santan, gurihnya bisa bikin ketagihan.

6. Es Dawet

youtube.com/Kokiku TV

Kalau es yang satu ini pasti kamu sudah familiar banget ya. Minuman khas Banjarnegara ini termasuk yang masih mudah ditemui. Teksturnya yang lembut saat dikunyah di mulut, dawet dibuat dari tepung beras yang biasanya diberi pewarna hijau dari daun pandan atau daun suji. Rasanya campuran manis dan gurih dari gula jawa cair dengan santan. Apalagi saat disajikan bersama dengan es batu, wah segarnya beneran bisa jadi penghilang dahaga.

7. Es Serbat Kweni

youtube.com/Masak.TV

Mangga dimakan langsung saja sudah segar banget, gimana kalau ditambahin es? Bikin mendadak haus ya ngebayanginnya. Minuman khas Lampung ini memang menggunakan mangga sebagai bahan dasar. Mangganya harus kweni karena mangga jenis ini punya rasa khas asam segar yang unik. Mangga bisa kamu blender terlebih dahulu atau dipotong dadu saja juga nggak masalah. Tinggal tambahkan biji selasih, air gula, dan es batu deh. Rasanya, mantap jiwa!

8. Es Gempol

youtube.com/Masak.TV

Es gempol merupakan salah satu minuman khas dari Jawa. Gempol merupakan adonan yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang diberi air yang sudah ditambahkan pewarna merah. Setelahnya, adonan gempol dibentuk bulat pipih dan direbus hingga matang. Sajikan gempol bersama dengan air santan, air gula, dan es batu. Es gempol yang manis dan gurih siap deh buat nyegerin hari kamu.

Wah, ternyata ada banyak ya ragam es Nusantara. Nomor berapa nih yang kira-kira bakalan jadi favorit untuk kamu cobain?

Related Articles

Leave a Comment