Home Food Sejago Masterchef, Yuk Bikin Aneka Soto Khas Nusantara

Sejago Masterchef, Yuk Bikin Aneka Soto Khas Nusantara

soto-tangkar

Kalau menyebut soto, pasti yang langsung terbayang adalah kuah dengan sensasi gurih, segar, asam yang membuncah di mulut. Apalagi ditambah dengan taburan koya di atasnya, mantap jiwa! Seperti yang kita ketahui bersama, soto adalah salah satu makanan khas Indonesia berupa kuah yang dibuat dari kaldu dengan isian daging. Soto biasa disajikan dengan lauk pendamping, seperti telur rebus, emping, perkedel, dan sambal. Beberapa kota di Indonesia punya soto yang jadi ciri khas daerahnya. Seperti yang ditampilkan dalam salah satu episode acara kompetisi memasak Masterchef season 7 beberapa saat lalu. Para kontestan ditantang untuk membuat soto yang khas dari lima daerah di Nusantara. Kamu nggak perlu harus sampai ikutan Masterchef supaya bisa jago bikin soto khas Nusantara. Ayo langsung eksekusi sendiri saja dan siap-siap untuk jadi Masterchef yang sesungguhnya di rumah.

1. Soto Medan

youtube.com/Resep Tiyan

Medan juga punya soto khas yang jadi kuliner andalan. Meskipun memiliki tampilan yang sama layaknya soto yang berkuah dan bersantan, soto Medan punya cita rasa unik yang beda dari soto lainnya. Penggunaan santan dan rempah-rempah, terutama jinten menjadikan kuah soto Medan kental dan wangi seperti kari. Soto Medan juga punya isian yang tidak melulu harus ayam. Soto Medan dapat disajikan dengan isian tauge, bihun, daging, jeroan, hingga udang. Jangan lupa tambahkan menu pendamping seperti emping, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Wah, juara banget deh rasanya.

2. Soto Lamongan

youtube.com/Masak.TV

Lamongan juga punya soto yang jadi kuliner khas Jawa Timur. Dengan kaldu dari ayam kampung yang direbus lama, kuah soto Lamongan punya cita rasa gurih menggugah selera. Salah satu yang jadi khas banget di soto Lamongan, selain penggunaan kemiri sebagai bumbu adalah keberadaan koya sebagai taburan topping. Koya bisa dibuat dengan menghaluskan kerupuk udang dan bawang putih goreng. Sajikan kucuran jeruk nipis ditambah sambal, dijamin segarnya berasa endeus banget.

3. Soto Mie Bogor

youtube.com/Rasamasa

Salah satu makanan Sunda ini punya isian khas berupa risoles goreng yang membuat soto Bogor jadi punya cita rasa tersendiri. Soto Bogor dapat dibuat dengan bahan ayam, daging sapi, hingga jeroan, seperti babat, urat, atau kaki sapi. Biasanya, soto Bogor juga diberi tambahan isian mie kuning atau bihun, kentang rebus, tomat, kol, hingga kacang. Kamu juga bisa menambahkan taburan bawang goreng dan daun seledri sebagai topping. Jangan lupa untuk menyajikannya bersama dengan emping supaya rasanya makin mantap ya.

4. Soto Madura

youtube.com/Delish Tube ID

Soto yang juga terkenal dari Jawa Timur adalah Soto Madura. Meskipun tidak menggunakan santan, kuah dari soto ini tetap gurih, lho. Hal ini karena adanya gabungan rempah sebagai  bumbu dasar. Soto Madura asli identik dengan penggunaan jeroan sebagai isian. Pastikan untuk merebus jeroan secara terpisah ya. Lalu, gunakan air rebusan daging sebagai kaldu. Jangan memasukkan air rebusan jeroan sebagai kaldu tambahan kalau kamu nggak mau soto kamu jadi failed. Sajikan soto dalam keadaan hangat dengan sepiring nasi. Nikmatnya bisa bikin kamu tergoda untuk tambah semangkuk lagi.

5. Soto Tangkar

youtube.com/Net Lifestyle

Nggak cuma soto Madura, soto Tangkar yang juga kuliner khas daerah Jakarta ini juga menggunakan jeroan sebagai isian. Daging yang digunakan sebagai campuran juga biasanya dipilih yang mengandung banyak tulang, seperti daging iga. Hal ini sesuai dengan nama soto tangkar, yaitu tangkar adalah bahasa Betawi pada zaman penjajahan yang digunakan untuk menyebut iga sapi.  Soto tangkar menggunakan santan yang membuat kuahnya jadi terasa semakin gurih. Hati-hati ya, lezatnya bisa bikin nagih.  

Itulah lima soto khas Nusantara yang jadi menu tantangan dalam salah satu episode Masterchef season 7. Setelah tahu resepnya, pasti jadi merasa tertantang untuk bikin juga dong. Selamat mencoba dan jadi Masterchef kebanggaan keluarga di rumah ya.

Related Articles

Leave a Comment