Home Fun Fact Praktis, Budaya Cashless dalam Transaksi di Era Digital

Praktis, Budaya Cashless dalam Transaksi di Era Digital

Budaya Cashless

Pada zaman yang serba digital ini, budaya cashless dengan pembayaran elektronik menjadi cara bertransaksi yang banyak digunakan. Pertimbangan keamanan dan kenyamanan saat bertransaksi menjadi pilihan orang-orang untuk tidak membawa uang banyak dalam dompet yang bisa memicu tindak kriminalitas.

Bukan hanya kartu ATM yang membantu kamu bertransaksi tanpa menggunakan uang, tetapi ada juga sistem pembayaran lainnya. Mulai dari QR code hingga transfer menggunakan aplikasi. Beberapa aplikasi bahkan memberikan bonus untuk kamu berupa cashback, diskon, dan berbagai jenis keuntungan lainnya.

Generasi milenial sekarang memang harus bersiap menerima perubahan pembayaran secara elektronik untuk berbagai bidang. Pelan tapi pasti budaya cashless harus terus dibiasakan dalam transaksi sehari-hari. Bahkan beberapa mal besar sudah menerapkan sistem pembayaran parkir kendaraan menggunakan e-payment. Dengan begitu, kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak untuk bertransaksi.

Jenis-Jenis Pembayaran Non Tunai

Pembayaran elektronik tidak hanya mengacu pada satu jenis pembayaran. Ada banyak macam pembayaran yang bisa digunakan di antaranya sebagai berikut.

1. E-Money

Untuk menggunakan uang elektronik ini kamu harus mengisi sejumlah saldo pada kartu atm untuk bisa menggunakannya saat bertransaksi. Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran berbagai jenis barang atau kartu elektronik lainnya sesuai bank yang kamu pilih.

2. E-Wallet

Dompet elektronik ini berupa aplikasi di smartphone. Kamu bisa melakukan pembayaran setelah dompet tersebut terisi saldo. Contoh dompet elektronik yang bisa kamu gunakan untuk bertransaksi di Indonesia di antaranya GoPay, DANA, dan OVO.

3. M-Banking

Layanan ini menyatu dengan kartu atm. Kamu bisa melakukan pembayaran dari jarak jauh tanpa menggunakan kartu atm dan tanpa menarik uang. Jadi, kamu nggak perlu keluar rumah juga untuk menggunakan e-wallet.

4. Mobile Money Transfer

Jenis pembayaran elektronik yang terakhir ini mengharuskan kamu memiliki mobile phone sebab mobile phone menjadi sarana utama untuk bertransaksi. Cukup menggunakan mobile phone, kamu bisa berbelanja serta mengirim dan menerima uang.

Manfaat Budaya Cashless

Menggunakan pembayaran secara elektronik memberikanmu kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Nggak cuma itu saja, budaya cashless ini juga jauh lebih cepat tanpa harus menunggu menghitung uang atau menunggu uang kembalian. Kamu juga nggak perlu melakukan pengecekan uang palsu.

Manfaat lainnya dari budaya cashless adalah layanan yang kamu dapatkan lebih cepat karena uang yang digunakan akan langsung masuk ke sistem. Namun, untuk manfaat ini harus ada catatan tidak terjadi kerusakan atau gangguan sistem. Biasanya gangguan terjadi karena ketidaksiapan outlet tempat kamu berbelanja.

Kamu juga bisa merasakan kenyamanan ketika bepergian karena risiko uang hilang sangat minim. Kamu hanya cukup membawa uang seperlunya untuk transaksi yang tidak bisa digantikan dengan metode ini. Misalnya, sediakan uang receh untuk parkir, putar balik mobil, dan berbagai kepentingan serupa.

Kini kamu bisa merasakan pembayaran non tunai melalui berbagai perantara. Nantinya, hal ini mungkin akan lebih dipermudah lagi seiring dengan kemajuan teknologi. Untuk kamu yang takut membawa uang tunai dalam jumlah banyak, hal ini bisa jadi solusi yang tepat. Banyak hal yang bisa didapatkan dari pembayaran elektronik untuk segala bidang.

Related Articles

Leave a Comment