Home Fun Fact 5 Kegiatan Seru Si Kecil Biar Nggak Bosan #DiRumahAja

5 Kegiatan Seru Si Kecil Biar Nggak Bosan #DiRumahAja

Selama masa karantina untuk menghentikan penyebaran virus Corona, pemerintah menganjurkan semua orang untuk mematuhi physical distancing dan tidak bepergian keluar rumah, kecuali untuk keperluan mendesak. Tidak hanya perkantoran, sekolah pun turut diberhentikan sementara waktu. Anjuran ini tentu berdampak bagi para pekerja, mahasiswa, hingga pelajar yang ikut menerapkan sistem work from home dan learn from home. Alhasil, anjuran ini bisa membuat anak-anak bosan karena harus belajar dari rumah dan tidak bisa melakukan kegiatan bermain di luar rumah bersama teman-teman. Nah, untuk menyiasati agar anak merasa betah di rumah, mungkin para orang tua bisa kepoin beberapa kegiatan seru #DiRumahAja berikut.

1. Olahraga bersama

Meskipun sedang #DiRumahAja, tetapi menjaga sistem imunitas tubuh harus wajib dilakukan, lho. Ingat, jangan malas-malasan ya. Tips pertama yang mungkin bisa kamu coba terapkan kepada anak adalah dengan melakukan olahraga ringan seperti yoga atau simple workout lainnya. Selain bisa menjaga stamina tubuh, aktivitas seru ini menjadi hal yang baru untuk anak-anak.

2. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Terkadang membantu anak-anak belajar di rumah memang hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Agar si kecil merasa tidak bosan, para orang tua harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkannya dengan mengubah dekorasi ruang belajar anak supaya lebih nyaman atau melakukan DIY yang bisa jadi solusi terbaik.

3. Membuat prakarya untuk melatih kreativitas anak

Jika kamu memiliki anak yang bersekolah di taman kanak-kanak, kamu bisa lho mengajaknya untuk melakukan kegiatan seru #DiRumahAja berupa membuat prakarya yang simpel. Selain bisa melatih kreativitas anak, kegiatan edukasi ini bisa kamu gunakan untuk bermain bersama si kecil.

4. Membuat suasana permainan sebagai sarana hiburan

Selama #DiRumahAja, sebagai orang tua dituntut aktif agar mampu menciptakan suasana bermain yang menyenangkan. Namun, terkadang sering kali merasa bingung untuk mengajak anak melakukan permainan sebagai sarana hiburannya, kan. Mungkin kamu bisa menggunakan alat-alat yang ada di rumah sebagai media untuk bermain bersama mereka. Seperti bermain lempar bola, membuat lintasan mobil-mobilan, bermain Lego, dan masih banyak lagi. Dijamin tips ini bisa mengatasi rasa bosan si kecil selama di rumah.

5. Memasak bersama si kecil

Memasak bersama orang tua mungkin menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi si kecil. Apalagi, belajar memasak hal yang ia sukai seperti membuat kue. Namun, pastikan anak-anak tetap aman selama berada di dapur ya.

Semoga dengan semua kegiatan yang menyenangkan ini, membuat anak-anak tetap betah di dalam rumah sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Indonesia.

Related Articles

Leave a Comment