Home Fun Fact 5 Tips Supaya Resolusi Sukses Bukan Sekadar Wacana

5 Tips Supaya Resolusi Sukses Bukan Sekadar Wacana

tips-resolusi

Satu hal yang tidak pernah absen setiap pergantian tahun, yaitu membuat resolusi tahun baru. Resolusi ini berbeda-beda pada setiap individunya. Ada yang ingin menurunkan berat badan, berlibur ke luar negeri, sukses dalam karir atau menghabiskan waktu lebih banyak dengan orang tersayang. Namun, sering kali resolusi ini menemui kegagalan dan membuat kita frustasi. Nah, agar tips resolusi tahun baru ini bukan sekedar wacana, simak tips jitu wujudkan resolusi anti gagal.

1. Buat resolusi yang realistis

Realistis adalah kunci agar resolusi tahun baru segera terwujud. Pastikan, kamu mengukur kemampuan, potensi, dan pencapaian apa yang belum kita raih di tahun sebelumnya. Apabila resolusi kita adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, pastikan kita upgrade skill secara terus menerus. Kamu bisa menggalinya dengan banyak membaca, mengikuti pelatihan, atau memanfaatkan internet untuk menambah wawasan.

2. Sesuaikan resolusi dengan kesiapan dan kemampuan kita

Biasanya tahun baru identik dengan resolusi yang baru. Resolusi ini terkadang memunculkan motivasi dan secara tidak langsung memberikan semangat pada diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Sebagai contoh, resolusi untuk mendapatkan pekerjaan baru di perusahaan baru dengan nominal gaji tinggi. Namun, sebaiknya ketika beresolusi kamu harus menyiapkan apa yang harus dilakukan dengan kemampuan dimiliki agar resolusi tersebut bukan sekedar wacana.

3. Kuatkan motivasi pada diri sendiri

Tak sedikit orang yang semangatnya mengebu-gebu di awal saja, tetapi perlahan memudar seiring berjalannya waktu. Agar tetap semangat terus, perlu motivasi yang kuat pada diri sendiri. Kamu juga boleh sesekali memberikan reward pada diri sendiri, karena telah berjuang pada tahun sebelumnya. Perlu diingat ya, tubuh jangan hanya diperas tenaganya saja tanpa memberi penghargaan pada diri sendiri.

4. Paparkan target yang ingin dicapai

Sebagian besar orang pasti akan membuat resolusi yang banyak untuk dilakukan pada tahun baru ini. Namun, karena banyaknya daftar yang akan dicapai, tak jarang resolusi tersebut tak bisa tercapai semua. Oleh karena itu, mungkin sudah saatnya untuk kamu membuat dan mengelompokkan daftar resolusi tahun baru yang hendak dicapai. Supaya nggak bingung, kamu bisa memulainya dengan menganalisis semua resolusi mulai dari segi manfaat, waktu, dan biaya. Dengan begitu, kamu akan jadi lebih mudah memilih resolusi yang paling dibutuhkan.

5. Persiapkan diri untuk menghadapi kegagalan

Mungkin tidak semua bisa berjalan sesuai dengan rencana. Ada kalanya, hambatan terkadang menghadang dan menyebabkan resolusi kamu mengalami kegagalan. Namun, perlu diingat bahwa untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan konsitensi, kerja keras, dan pembelajaran. Satu yang terpenting, kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kegagalan ya. Jangan terpuruk dalam kesedihan, segera bangkit untuk melanjutkan resolusi berikutnya!

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar resolusimu bukan sekadar wacana. Jadi, apa nih resolusi tahun baru kamu? Sudah siap menjalankannya?

Related Articles

Leave a Comment