Home Fun Fact 7 Tips Jitu Buat Foto Makanan Jadi Instagramable

7 Tips Jitu Buat Foto Makanan Jadi Instagramable

tips-foto

Hingga saat ini, Instagram masih menjadi aplikasi yang populer di kalangan milenial. Aplikasi ini bisa cepat menyebarkan info menarik seputar teknologi, objek wisata, dan tempat makan. Bahkan, pengguna Instagram berlomba-lomba mengunggah hasil jepretannya untuk mendapatkan kesan hits dan instagramable. Selain mempercantik feeds Instagram, pengguna juga biasanya menjadikan Instagram sebagai ajang pamer skill atau berbisnis. Yup, salah satunya bagi para food blogger dan food enthusiast. Foto makanan menjadi salah satu kategori yang paling banyak diunggah di media sosial, khususnya Instagram. Namun, rupanya tidak mudah untuk menghasilkan foto makanan yang baik dan menarik untuk para audiens. Lantas, ada strategi penting yang harus kamu perhatikan, lho. Apa saja sih tipsnya? Simak, yuk tips buat foto makanan jadi lebih instagramable!

1. Gunakan properti pendukung

Food photography merupakan jenis fotografi yang menggunakan makanan sebagai objek pemotretannya. Semakin makanan terlihat lebih baik, maka daya jual audiens pun meningkat. Oleh karena itu, gunakan properti yang bisa membantu foto makananmu semakin keren. Carilah beberapa properti yang bisa menciptakan sebuah foto makanan terlihat lebih aesthetic dan instagramble. Misalnya, kamu bisa menggunakan wadah makanan, sendok, garpu, alas foto, hingga daun-daun kering.

2. Hidangkan sedikit porsi makanan

Semakin sedikit porsi makanan yang dihidangkan dalam sebuah piring, semakin baik pula hasil foto makanan yang diciptakan. Cara memfoto makanan dengan porsi yang sedikit bikin orang-orang lebih fokus pada makanan milikmu. Bahkan, tips seperti ini biasanya mampu menciptakan hasil foto food blogger yang lebih menarik dan memikat hati.

3. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan merupakan unsur penting dalam fotografi makanan. Sebab, objek foto harus mendapatkan pencahayaan yang cukup. Misalnya, cahaya matahari dari samping jendela adalah pencahayaan yang baik karena bisa menonjolkan sisi menggiurkan dari makanan. Oh ya, hindari penggunaan flash sebab foto makanan yang dihasilkan akan terlalu terang dan sangat sulit untuk diedit.

4. Tentukan posisi angle yang pas

Sama seperti memotret manusia, ketika memfoto makanan pun harus punya sudut tertentu. Kamu harus lebih pintar memilih sudut pengambilan foto makanan agar hasilnya bisa menggugah selera. Carilah posisi yang cocok dan tambahkan properti di satu sudut frame. Sebagai pemula, kamu harus sering-sering berlatih untuk menentukan angle sebuah foto, karena dengan banyak mencoba memotret makanan maka kamu akan terlatih sendiri dan mampu menguasai komposisinya.

5. Atur posisi makanan

Styling atau mengatur posisi makanan juga menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Kamu perlu memerhatikan setiap posisi makanan. Sebab, posisi makanan dapat membantu untuk menonjolkan kelezatan makanan tersebut. Eits, saat atur makanan usahakan untuk tetap seimbang di antara sudutnya ya. Jangan sampai ada ruang yang kosong.

6. Eksplorasi berbagai filter menarik

Di era digital yang sudah semakin canggih ini, ada beberapa aolikasi yang menawarkan fitur filter untuk mengedit sebuah foto. Pilihlah filter yang benar-benar mendukung kualitas makanan agar menciptakan hasil foto makanan yang menarik dan instagramable. Kamu bisa mencari filter dengan tone warna yang kekinian. Namun, usahakan untuk tetap memilih tone warna yang tidak mencolok.

7. Buatlah konsep yang matang

Saat ingin mengabadikan sebuah foto makanan, buatlah konsep agar semua persiapan bisa dilakukan secara matang. Kamu bisa perhatikan pencahayaan yang tepat ketika ingin mengabadikan momen karena hal ini bisa membantu untuk menghasilkan jepretan yang lebih memuaskan. Dengan persiapan yang matang, membuat hasil foto yang di dokumentasikan akan terlihat profesional dan instagramable.

Nah, sekarang udah tahu kan gimana tips dan triknya. Langsung catet aja ya biar foto makanan kamu nanti bisa lebih kece plus instagramable juga dong.

Related Articles

Leave a Comment