Home Fun Fact Kenali, 5 Tanda Playing Victim, Jangan Sampai Tertipu!

Kenali, 5 Tanda Playing Victim, Jangan Sampai Tertipu!

playing-victim

Apa kamu pernah mendengar kata-kata playing victim? Yup, biasanya julukan ini diberikan untuk orang yang suka sekali mengubah alur cerita dan bersikap seolah-olah menjadi korban dari cerita. Padahal, justru dia yang menjadi dalang dari pelaku kejahatan tersebut. Intinya sih, playing victim itu sangat handal dalam memanipulasi keadaan. Duh, bahaya juga ya?! Orang yang mempunyai sifat playing victim, biasanya tidak disukai oleh pergaulan. Pasalnya, sifat tersebut bisa membawa kerugian bagi orang lain. Nah, supaya kamu nggak kejebak di zona pertemanan playing victim, kamu perlu mengetahui tanda dari orang yang gemar playing victim. Mau tahu seperti apa sih tanda seorang playing victim? Yuk, liat uraiannya berikut.

1. Sering menyalahkan orang lain

Biasanya orang yang suka playing victim adalah orang yang gemar untuk menyalahkan. Baik itu kesalahan pribadi atau orang lain. Tujuan para pelaku playing victim melakukan ini untuk membersihkan namanya dari kesalahan sehingga citra nama baik dirinya tetap bersih dan tampak sempurna. Kalau kamu pernah melakukan seperti ini, jangan sampai diulangin lagi ya! Bisa-bisa kamu dijauhkan oleh teman kamu, lho! Nggak mau kan?

2. Gemar untuk menyebarkan kesalahan orang lain dan menutupi aib sendiri

Bukan cuma menyalahkan orang lain saja, playing victim juga senang sekali untuk menyebarluaskan kesalahan-kesalahan orang lain dan menutup rapat-rapat kesalahan diri sendiri. Apabila seseorang mengetahui kesalahan yang dibuat, maka nggak segan-segan sang pelaku meminta untuk melupakan kesalahannya tersebut. Duh, toxic banget!

3. Tidak suka meminta maaf

Nggak cuma selalu bertingkah seolah dia adalah korban, playing vitcim juga paling anti buat minta maaf nih. Baginya, dia selalu benar dan nggak pernah salah. Justru, orang lain yang harus meminta maaf kepadanya. Meskipun jelas-jelas dia yang salah. Playing victim memang paling gengsi banget buat minta maaf duluan. Kamu, jangan sampai punya sifat seperti ini ya!

4. Lari dari tanggung jawab

Tanda selanjutnya yang mungkin bisa kamu kenali dari seorang playing victim adalah selalu menghindar dan lari dari tanggung jawab. Hal ini biasa mereka lakukan karena pada dasarnya pada diri mereka sendiri mempunyai sifat pesimis. Namun, jika nanti pada akhirnya tanggung jawab tetap dibebankan kepada seorang playing victim, biasanya mereka dengan santai bilang “Siapa suruh meminta saya untuk melakukannya”. Wah, nggak profesional banget, ya kan?

5. Nggak suka mendengarkan pendapat tentang dirinya

Seorang playing victim, memang nggak suka mendengarkan pendapat orang lain tentang perilakunya sendiri. Terkadang, mereka juga nggak mau dianggap sebagai orang yang toxic. Sayangnya, hal seperi ini membuat seorang playing victim nggak bisa mengubah dirinya jadi lebih baik. Padahal, mendengarkan pendapat tentang diri kita sendiri terhadap orang lain, penting lho! Supaya kamu bisa intropeksi diri, jadi lebih baik.

Gimana nih, apa kamu punya salah satu tanda dari playing victim? Kalau iya, segera untuk perbaiki diri sendiri ya sebelum kamu dijauhkan oleh sohib-sohib kamu. Nggak ada masalah kok terlambat untuk mengakui kesalahan.

Related Articles

Leave a Comment