Home Fun Fact 6 Kiat Untuk Pengeluaran Self Reward, Nggak Bikin Boros!

6 Kiat Untuk Pengeluaran Self Reward, Nggak Bikin Boros!

self-rewards

Kalau kamu masih berpikir, self reward dapat mengeluarkan uang yang cukup lumayan menguras isi dompet. Kamu salah besar nih! Justru, self reward merupakan wujud rasa terima kasih kepada diri sendiri atas pencapaian kerja keras kita selama ini. Dengan memberikan penghargaan, tentu tujuan kita bisa lebih bersemangat lagi dalam menjalani aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

Namun perlu di ingat ya, self reward bukan sekadar untuk menghabiskan uang demi kebahagiaan sesaat. Untuk mengatasi hal tersebut, kira-kira seperti apa sih cara untuk tetap bisa mengapresiasi diri tanpa menggangu keuangan? Langsung aja yuk kepoin kiat-kiat jitunya!

1. Alokasikan dana khusus untuk self reward

mulai menabung

Jika kamu mengalokasikan self reward dan bisa diukur dengan uang, maka bijaklah dalam pengeluaran tersebut. Kamu bisa alokasikan dana khusus untuk pos ini, tetapi jangan dicampur dengan dana lain ya! Dengan mengalokasikan dana khusus, pengeluaran kamu untuk penghargaan yang ingin dicapai lebih teratur dan tertata, lho. Jadi, jangan ragu ya untuk mengalokasikan dana khusus untuk self reward kamu!

2. Lebih giat untuk cari info promo

Apabila kamu pintar dalam mencari diskon, sebenarnya banyak sekali promo menarik yang ditawarkan dan pastinya bikin kamu hemat pengeluaran! Mulai dari cashback, diskon belanja, hingga traveling. So, jangan malas untuk mencari informasi tentang promo ya, lumayan nggak bikin dompet jebol juga!

3. Jangan coba ikut-ikutan tren

Kalau kamu beranggapan bahwa self reward yang diberikan harus mengikuti tren, tampaknya kamu harus mengubah mindset kamu nih! Apalagi, kalau kamu menghadiahkan diri kamu berupa handphone keluaran terbaru, semantara budget kamu tidak mencukupi. Duh, lebih baik jangan dulu deh! Jadi bukan cuma soal ikut-ikutan tren saja ya. Kalau kamu memaksakan diri, yang ada malah bikin kamu tambah stres bukannya malah bahagia!

4. Mengukur kemampuan isi dompet

Mengukur kemampuan isi dompet terkadang perlu kita perhatikan, lho. Supaya kita lebih aware dan bijak dalam mengeluarkan uang. Jadi, lakukan self reward yang sekiranya masih terjangkau oleh isi dompet kamu. Jangan paksakan diri memberikan penghargaan diri sendiri dalam bentuk barang yang mahal. Sederhana saja cukup, asalkan bisa bikin kamu bahagia.

5. Fokus untuk menabung

Cara selanjutnya supaya lebih hemat dan agar bisa terealisasikan dengan baik adalah dengan mulai menabung. Sebab jika kamu menginginkan penghargaan dalam bentuk barang atau sesuatu yang mengeluarkan budget lumayan besar, usahakan untuk menabung terlebih dahulu. Walaupun menabung dalam jumlah sedikit asalkan kamu disiplin, pasti lama kelamaan tabungan kamu tercukupi juga kok. Dijamin antiwacana deh!

6. Pastikan reward untuk kebahagiaanmu bukan gengsi

Ini yang paling penting! Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan self reward, coba tanyakan lagi pada diri kamu sendiri. Apakah kamu melakukan hal tersebut memang demi kebahagiaanmu atau hanya untuk terlihat bahagia di depan orang lain? Duh, jangan sampai kamu lakukan ini karena gengsi ya! Sebab hal ini memang dilakukan sebagai bentuk apresiasi kecintaan pada diri sendiri ya, bukan untuk mendapat pujian dari sana-sini.

Gimana? Sudah tahu poin-poin cerdas apa saja untuk menghemat pengeluaran self reward kamu? Meski untuk diri sendiri, kamu juga harus tetap mengukur dan mempertimbangkan juga ya. Jangan malah bikin kamu boros nantinya.

Related Articles

Leave a Comment