Home Fun Fact Lakukan 5 Tips Self Healing Ini, Agar Semua Baik-Baik Saja

Lakukan 5 Tips Self Healing Ini, Agar Semua Baik-Baik Saja

self-healing

Mungkin istilah self healing, tengah populer di kalangan milenial. Namun, tahukah kamu maksud dan tujuan dari self healing itu sendiri? Meskipun sudah sering jadi perbincangan, self healing merupakan salah satu langkah penyembuhan diri seseorang terhadap kejadian masa lalu yang terkadang bisa menimbulkan trauma. Bahkan, luka batin tersebut bisa timbul dalam berbagai macam. Misalnya kesedihan yang tidak berujung, merasa gagal, cemas hingga menuju pada depresi.

Nah, tujuan dari self healing itu sendiri untuk memahami, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pola pikir positif dari apa yang terjadi. Walaupun terdengar sepele, ternyata banyak orang yang justru gagal melakukan self healing sehingga malah dapat memperparah luka yang tengah dirasakan. Agar self healing kamu dapat berjalan dengan baik, ada beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan nih. Apa saja sih poin-poin pentingnya? Yuk, simak bareng!

1. Bergaul dengan circle pertemanan yang positif

Nggak dipungkiri sih, lingkaran pertemanan sangat berperan penting untuk membantu kamu sembuh dari luka batin di masa lalu. Terkadang, energi positif yang di dapatkan dari circle pertemanan kamu sangat mendorong semangatmu dan membantu kamu untuk bangkit menata kehidupan. Eits, tetapi kamu juga perlu memilih nih siapa saja teman yang masuk dalam lingkar pertemananmu. Jangan sampai kamu malah terjebak pada toxic people.

2. Nggak masalah ceritakan keluh kesahmu ke orang yang dipercaya

Supaya self healing kamu berjalan lancar, kamu juga perlu untuk punya tempat berbagai cerita yang pastinya bisa dipercaya ya. Wajar saja kok, saat kamu ada masalah tentu kamu perlu meluapkan rasa kekecewaan yang ada di dalam diri kamu. Nggak perlu dikeluarkan dalam bentuk emosi buruk, cukup ceritakan unek-unek kamu dengan berbagi cerita ke orang terpercaya kamu ya! Jangan sampai kamu memendam semua rasa sendirian, yang ada malah bikin kamu tertekan.

3. Alihkan pikiran yang bermanfaat, jangan berlarut dalam kesedihan

Memang segala sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tentu sudah tidak perlu kamu sesali lagi. Terkadang, kamu hanya perlu belajar dari masa lalu, biar semakin baik untuk ke depannya. Nggak boleh lho terlalu lama meratapi kesedihan, bisa-bisa kamu bakal terpuruk terus dong. Nggak mau kan sedih berlarut-larut? Jika kamu ingin segera sembuh, kamu wajib untuk mengikhlaskan kesedihan yang kamu rasakan. Kamu juga bisa, untuk alihkan pikiranmu kepada hal yang bermanfaat.

4. Lakukan me time

Agar tidak larut dalam kesedihan, kamu perlu yang namanya me time nih! Dengan me time, kamu bisa melakukan banyak hal yang kamu sukai. Yang pastinya, lakukan hal positif yang dapat buat kamu bahagia! Terkadang, me time memang sangat diperlukan untuk menemukan kekuatan di dalam diri kamu. Bahkan, me time juga dapat membebaskanmu dari perasaan yang kurang nyaman.

5. Kenali dirimu sendiri

Mungkin segala usaha self healing yang kamu lakukan tidak akan berjalan lancar jika kamu tidak bisa mengenali pribadi diri kamu sendiri. Oleh karena itu, seseorang perlu untuk berdamai dengan dirinya sendiri agar bisa sembuh dan bangkit dari luka di masa lalu. Ingat ya, obat paling ampuh atas rasa sakitmu ya diri kamu sendiri. Lantas, jika kamu tidak bisa mengenali diri kamu sendiri, terus bagaimana caranya untuk kamu bisa sembuh?

So, bagaimana sudah tau poin apa saja yang bisa kamu terapkan untuk self healing agar berjalan dengan lancar? Untuk itu, segala yang terjadi cukup kamu terima dan ambil hikmahnya saja. Jangan siksa diri kamu ya!

Related Articles

Leave a Comment