Home Health 5 Alarm Tubuh Ini Jadi Tanda Kamu Salah Diet

5 Alarm Tubuh Ini Jadi Tanda Kamu Salah Diet

diet-wanita

Meski bukan berarti berbadan gemuk itu tidak sehat, hanya saja setiap orang memiliki porsi tubuh idealnya masing-masing. Itulah mengapa program diet sangat digencarkan bagi mereka yang perduli terhadap berat badannya. Diet tak hanya sekadar menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga badan tetap sehat. Oleh karena itu, kamu harus melakukannya dengan bijak agar berdampak buruk pada tubuh. Alih-alih sehat dan bugar, tubuh malah memberikan tanda kalau kamu salah diet.

Buku diet yang diterbitkan artis Tya Ariestya sempat menuai kontroversi karena banyak ahli gizi yang menemukan banyak kekeliruan tentang diet. Nah, maka dari itu kamu nggak bisa menyamakan kondisi tubuhmu dengan orang lain. Simak tanda tubuh berikut yang dapat menjadi indikasi kalau kamu salah diet.

1. BAB tak lancar bahkan sampai berhari-hari

Setelah menjalani diet, BAB malah jadi tidak teratur. Bahkan bisa nggak BAB berhari-hari. Waduh kalau begitu sih tandanya tubuh kurang makanan berserat. Diet boleh saja, tetapi sebaiknya kamu tidak meninggalkan makanan sehat sebagai asupan sehari-hari seperti makanan sumber protein, sayur, dan buah-buahan agar tubuh tetap tersuplai nutrisinya. Sulit BAB menandakan bahwa metabolisme tubuh tidak lancar.

Metabolisme yang lancar adalah kunci tubuh sehat dan ideal. Ada yang masuk, ada yang dibuang juga dan tidak ada kotoran yang mengendap. Pengeluaran kalori pun berjalan stabil. Kurangi konsumsi gula buatan serta buat pola makan sesuai jadwal diet yang cocok dengan tubuhmu.

2. Kerontokan rambut yang tidak normal

Rambut rontok terjadi karena penurunan berat badan serta jadi tanda tubuh kekurangan zat besi dan protein. Akhirnya, bagian yang dikorbankan tubuh adalah rambut. Namun hal ini tidak akan terjadi kalau kamu tetap menyeimbangkan asupan sayur-mayur, buah-buahan, dan juga protein yang berasal dari telur, daging, dan biji-bijian untuk mengatasi rambut rontok. Kerontokan rambut akan pulih saat kamu berhenti melakukan diet ketat dan memulihkan asupan gizi yang hilang.

3. Kulit terlihat kusam

Permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kering, dan kulit kusam saat sedang melakukan diet bisa menjadi tanda kalau tubuh kekurangan vitamin dan mineral yang terdapat pada sayur dan buah sehingga kulit kurang terhidrasi. Itulah mengapa bahayanya diet ekstrem yang mengabaikan makanan sehat seperti sayuran dalam prosesnya akan membuat kulit tampak kusam. Vitamin yang terkandung dalam sayuran tidak hanya memberikan kebutuhan serat pada metabolisme, tetapi juga membuat kulit menjadi lembap dan segar.

4. Mood naik turun

Tubuh kita mengikuti perubahan pola makan yang kita lakukan, hal ini juga berkaitan dengan suasana hati yang naik turun selama menjalani program diet yang disebabkan berkurangnya porsi makan dan jumlah energi yang kita makan. Bukankah kita akan cenderung lebih lesu dan emosi saat tubuh kekurangan energi? Itulah mengapa kamu dapat terlihat moody saat diet dan bisa saja saat berdiet kamu kekurangan asupan yang justru dapat memicu hormon kebahagiaan pada tubuh.

5. Tubuh melemah dan jatuh sakit

Sinyal paling jelas saat kamu salah menjalani diet adalah jatuh sakit, tandanya tubuh kekurangan hal-hal yang dibutuhkannya untuk keseimbangan nutrisi. Perasaan lemas, jantung berdebar kencang, maag, dan GERD menandakan bahwa kamu harus mengubah atau bahkan menghentikan pola diet yang kamu jalani sebelum berujung petaka untuk kesehatanmu. Buat apa punya badan ideal kalau tubuhmu melemah dan sakit-sakitan? Diet sih boleh saja asalkan kamu tak melupakan apa yang dibutuhkan tubuhmu untuk tetap membuat kamu menjadi orang yang sehat.

Ingatlah, bahwa tubuh seseorang memiliki reaksi yang berbeda pada program-program diet yang dianjurkan para seleb. Mencoba untuk mengikuti program tersebut boleh saja, tetapi sebaiknya segera hentikan dietnya saat tubuh mulai memunculkan gejala salah diet. Hal terpenting tetaplah kesehatanmu bukan seberapa idealnya tubuhmu. Selagi metabolisme lancar, asupanmu sehat bernutrisi, rajin berolahraga, gaya hidup juga sehat tubuh yang ideal pasti akan kamu miliki tanpa perlu melakukan program diet apapun.

Related Articles

Leave a Comment