Home Health 5 Cara Sederhana Jaga Kelembapan Kulit di Cuaca Dingin

5 Cara Sederhana Jaga Kelembapan Kulit di Cuaca Dingin

Mungkin tubuh kamu merasa nyaman-nyaman saja di cuaca dingin nan menyejukkan. Bagaimana dengan kulitmu? Tanpa kamu sadari, cuaca dingin membuat kulit dehidrasi sehingga bagian terluarnya terlihat bersisik bahkan mengelupas. Kalau sudah terlihat pecah-pecah, itu tandanya kamu membutuhkan perawatan sederhana untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap sehat dan penampilan pun tetap prima.

Terlebih lagi bagian kulit yang sering terpapar udara dingin dan cahaya matahari sekaligus. Kalau dibiarkan, kulit yang pecah-pecah juga bisa jadi iritasi, lho. Nggak mau kan kulit sehatmu kian mengelupas saat cuaca dingin? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

1. Dingin bukan alasan untuk malas mandi, gunakan air hangat dan atur suhunya agar tidak terlalu panas

Sudah jadi hal yang lumrah kalau cuaca dingin bikin kamu jadi malas mandi. Kamu pun mendadak bergidik saat menyentuh air dan membayangkan dinginnya air tersebut membasahi tubuhmu. Namun, jangan jadikan cuaca dingin sebagai alasan untuk nggak membersihkan badan ya. Air hangat bisa jadi solusinya, atur suhu air agar tidak terlalu panas. Justru suhu air yang terlalu panas bisa membuat tubuhmu kehilangan kelembapan alaminya.

2. Mandi air hangat memang bikin rileks, tetapi tetap nggak boleh terlalu lama

Berlama-lama diguyur air hangat memang rasanya menyenangkan dan tubuh pun terasa nyaman. Namun, kamu juga perlu memerhatikan durasi mandi agar tidak merusak keseimbangan pH kulit yang berujung kulit jadi lebih kering. Dhaval Bhanusali, MD seorang dokter kulit dari New York menyarankan untuk tidak mandi terlalu lama atau setidaknya tak lebih dari tujuh menit, apalagi ketika cuaca sedang dingin-dinginnya.

3. Kalau memang terasa dingin, cukup sabuni bagian tubuh yang penting

Opsi lain yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kebersihan kulit di cuaca dingin adalah tidak menyabuni seluruh tubuhmu. Sabun mandi yang baik di kulit adalah sabun yang tidak mengandung paraben ataupun SLS. Kedua bahan tersebut membuat kondisi kulitmu semakin kering. Oleh sebab itu, cermatlah dalam memilih sabun sebagai kebutuhan kulit.

Saat cuaca sedang dingin-dinginnya, kamu cukup menyabuni bagian lipatan di tubuh seperti ketiak dan selangkangan. Kaki dan tangan yang kotor juga dibersihkan dengan sabun ya, bagian tubuh lainnya boleh hanya diusap dengan waslap. Dengan begitu kelembapan tubuhnya juga tak hilang.

4. Pelembap, lip balm, dan tabir surya jadi senjata yang nggak boleh tertinggal

Cuaca yang dingin membuat kandungan uap air di udara atau kelembapan menurun. Kulitmu bekerja lebih ekstra dari biasanya untuk memproduksi minyak alami yang berguna untuk melembapkan. Namun, nggak jarang beberapa jenis kulit kesulitan memproduksi minyak alami sehingga kulit terasa kering. Oleh sebab itu, pelembap dibutuhkan kulit untuk membantu menyeimbangkan kelembapan.

Nggak bisa dipungkiri kalau bibirmu pun ikut mengering dan pecah-pecah hingga mengelupas. Kalau sudah begitu, lip balm jadi skincare mutlak yang nggak boleh ketinggalan demi bibir tetap segar merona sepanjang hari. Satu lagi, kamu tetap harus menggunakan tabir surya di musim dingin. Iya sih matahari tak bersinar terik, tetapi kamu nggak tahu kan bagaimana pengaruh buruk sinar ultraviolet untuk kulitmu?

5. Skincare yang mengandung hyaluronic acid atau HA bisa jadi solusi

Skincare yang mengandung hyaluronic acid (HA) dapat menjaga kelembapan kulitmu saat cuaca dingin. Eits, perlu diingat ya kalau HA tidak menambah kelembapan hanya menahan kadar air pada kulit agar tidak berkurang sehingga membuat kulitmu tetap kenyal, moist, dan lembap. Makanya, kamu perlu menghidrasi kulit dengan mengonsumsi air sebanyak 8 liter per hari.

Perlu diketahui juga bahwa HA tidak bekerja pada kulit kering. Kulit kering artinya kurang terhidrasi dengan zat cairan yang dibutuhkan tubuh untuk melembapkan secara alami. Kalau zat cairannya saja kurang, lantas bagaimana HA dapat bekerja dengan baik?

Terus jaga kesehatan dan kelembapan kulit kamu di segala jenis cuaca ya.

Related Articles

Leave a Comment