Home Health 5 Cara Self Love dengan Berhenti Menjadi People Pleaser

5 Cara Self Love dengan Berhenti Menjadi People Pleaser

people-pleaser

Mungkin kamu pernah mendengar istilah ‘people pleaser‘. Yup, sebutan ini memang ditujukan untuk seseorang yang kerap membahagiakan dan menyenangkan hati orang tanpa memikirkan perasaan diri sendiri. Di satu sisi membuat orang senang memang bagus, tetapi di sisi lain justru malah nggak bagus buat diri kamu sendiri, lho!

Bahayanya dari seorang people pleaser ialah munculnya keinginan orang lain untuk memanfaatkan hal tersebut. Bahkan parahnya, setiap keputusan biasanya dibuat berdasarkan bagaimana orang lain akan bereaksi. Nah, supaya sifat seperti ini tidak dimanfaatkan oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Makanya, yuk terapkan 5 hal ini dalam hidupmu supaya nggak lagi jadi seorang people pleaser.

1. Berani katakan tidak yang dirasa merugikan kamu

Ketidakberanian dalam mengatakan tidak justru menjadi penyebab predikat people pleaser melekat di dalam diri kamu nih. Wah, bisa merugikan kamu banget nih! Apalagi untuk permintaan yang kamu rasa memiliki dampak negatif seperti merugikan diri kamu dan menguntungkan orang lain, justru bikin jadi bumerang buat kamu. Oleh karena itu, kamu perlu banget untuk belajar menolak ha-hal kayak gini ya. Boleh menolak secara baik-baik atau dengan sikap tegas sekalipun.

2. Belajar bedakan antara orang baik dan terlalu baik

Biasanya seoarang people pleaser sangat berusaha membenarkan sikapnya selama ini dengan berdalih bahwa dia adalah orang baik yang bersikap baik kepada saja. Please deh, mindset ini perlu kamu ubah! Kamu harus belajar membedakan antara orang baik dan orang yang terlalu baik, karena orang baik tidak pernah membiarkan dirinya dimanfaatkan oleh orang yang berniat jahat.

3. Harus tegas pada diri sendiri

Salah satu yang menyebabkan kamu gampang dianggap sebagai people pleaser adalah sifatmu yang kurang tegas. Sifat yang seperti ini justru gampang diremehkan orang lain dan membuat siapapun bisa memanfaatkanmu. Nggak mau kan, kalau hal seperti ini terus berlanjut? Yuk, mulai sekarang biasakan untuk bersikap tegas ya pada diri sendiri.

4. Tanamkan dalam diri bahwa kamu bukan hidup untuk orang lain

Supaya mindset kamu nggak diatur oleh orang yang tidak bertanggung jawab, saatnya ubah pola pikir kamu yang menjadikan dirimu sebagai alat pembahagia orang lain. Kamu perlu memiliki kesadaran bahwa kamu bukan hidup untuk orang lain. Carilah kebahagiaanmu sendiri tanpa mengedepankan kepentingan siapa pun. Hidup yang cuma sekali, wajib banget untuk kamu manfaatkan sebaik mungkin ya.

5. Dahulukan kepentingan diri sendiri

Menjadi seorang people pleaser justru membuat kamu semakin terbebani. Sering mengurusi hidup orang, membantu, bahkan mendahulukan kepentingan mereka dibandingkan kepentinganmu sendiri. Hal itu malah bikin beban hidupmu bertambah. Oleh karena itu, berhentilah menjadi people pleaser agar hidupmu terasa lebih ringan dan beban berkurang. Ingat ya, hidup ini berat jangan sengaja menambahkan bebanmu dengan orang lain.

So, membahagiakan orang lain itu boleh-boleh saja, tetapi kamu harus tahu batasan dan waktu untuk berhenti menjadi seorang people pleaser demi kebaikan diri kamu sendiri.

Related Articles

Leave a Comment