Home Health 5 Tips Kebiasaan Sehat Ala Jepang, Patut Kamu Tiru!

5 Tips Kebiasaan Sehat Ala Jepang, Patut Kamu Tiru!

shibuya-crossing

Jika kamu memerhatikan orang Jepang, mungkin kamu akan merasa heran dengan jarangnya orang Jepang yang mempunyai kelebihan berat badan. Bukan tanpa alasan, banyak dari mereka yang sadar akan pentingnya kesehatan. Tak heran, jika negara mereka punya usia hidup yang relatif lama, karena selalu menerapkan pola hidup yang sehat. Bahkan, melansir dari jurnal Central Intelligence Agency, tingkat obesitas di negara Jepang termasuk yang paling rendah. Tentu saja, hal tersebut merupakan dampak dari kebiasaan penduduk yang selalu hidup sehat. Kamu juga bisa nih, menerapkan gaya hidup sehat ala Jepang. Caranya gampang kok. Langsung aja yuk, simak ulasannya!

1. Tidak malas gerak dan sering berjalan kaki

Sudah bukan rahasia lagi, jika orang Jepang disebut-sebut biasa berjalan kaki. Jika jarak tempat kerja, kampus, atau sekolah cukup jauh, mereka biasanya menggunakan transportasi umum ataupun sepeda. Selain terbukti ramah lingkungan, kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, lho. Kamu juga bisa memulai kebiasaan ini dengan mengeliminasi penggunaan kendaraan bermotor. Utamakan jalan kaki atau setidaknya bersepeda ya.

2. Cenderung menyantap masakan rumah

Masyarakat Jepang umumnya terbiasa memasak masakan yang ada di rumah. Bahkan, mereka dianjurkan untuk terbiasa memasak sendiri. Dengan memasak sendiri makananmu, kamu tahu persis apa yang kamu konsumsi hingga berbagai nutrisi yang akan kamu dapatkan. Selain itu, secara nggak langsung kamu pun bisa terhindar dari makanan cepat saji serta makanan yang ditambah zat pengawet, pewarna, atau bumbu penyedap lainnya.

3. Makan banyak sayur dengan porsi makan yang sedikit

Biasanya orang Jepang sering menggunakan mangkuk kecil untuk satu porsi makan. Kebiasaan ini membuat mereka lebih mudah untuk mengatur porsi makannya. Tak hanya mempersiapkan porsi makan yang cukup saja, rata-rata orang Jepang juga lebih sering mengonsumsi sayuran utuh nan segar. Misalnya dalam bentuk kimchi, sup, natto, miso, dan sebagainya. Yuk, mulai sekarang saatnya konsumsi banyak sayuran dan jumlah porsi yang sedikit.

4. Menghindari camilan dan lebih sering konsumsi teh hijau

Pola makan yang dilakukan masyarakat Jepang adalah menghindari camilan dan makanan berkalori tinggi. Orang Jepang lebih sering memilih teh hijau sebagai minuman mereka, baik di rumah ataupun di restoran. Pasalnya, manfaat teh hijau banyak sekali untuk kesehatan tubuh karena bisa melawan obesitas dan mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Rajin berolahraga

Jepang adalah negara dengan jumlah klub fitness terbanyak se-Asia Pasifik. Pasalnya, orang Jepang selalu memerhatikan kesehatan dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga. Nah, mungkin untuk kebiasaan yang satu ini bisa kamu coba dengan memulainya di rumah. Misalnya, dengan membeli peralatan gym yang murah, yaitu barbel, sepeda statis, atau treadmill. Selain bisa menjaga kebugaran tubuh, olahraga membuat tubuh kamu selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jadi, buat kamu yang masih bingung untuk memulai pola hidup sehat dari mana, kamu bisa meniru 5 kebiasaan sehat ala Jepang ini ya. Yuk, saatnya hidup lebih sehat demi kesehatan yang lebih baik!

Related Articles

Leave a Comment