Home Health 6 Alasan Kurangi Media Sosial Baik Untuk Kesehatan Mental

6 Alasan Kurangi Media Sosial Baik Untuk Kesehatan Mental

stress-medsos

Di era serba digital saat ini, media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat menjadi salah satu penyebab populernya media sosial. Bahkan, media sosial sendiri membantu manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain sebagai sarana hiburan, mencari informasi dan mendapatkan uang sekalipun. Namun, bagaimanapun juga ketergantungan media sosial memberikan efek yang merugikan pada kesehatan mental, lho. Sebagian mental mereka bisa saja terganggu akibat penggunaan media sosial yang berlebihan. Nah supaya kesehatan mental kita terjaga, ada kalanya untuk kamu kurangi atau menetralisir penggunaan media sosial. Mau tahu bukti apa saja yang akan kamu dapatkan setelah puasa media sosial? Simak ulasannya berikut.

1. Menjadi pribadi yang lebih ekspresif dan peduli lingkungan sekitar

Sudah menjadi rahasia umum, jika di zaman serba digital saat ini mereka sering disebut sebagai generasi menunduk. Yup, bagaimana tidak hampir setiap hari mereka menunduk hanya untuk mengecek update di media sosial. Justru akibat tersebut malah bikin kamu sering menghiraukan orang-orang di sekitar. Secara nggak langsung, efek penggunaan media sosial berpengaruh besar bagi jiwa sosialnya. Untuk itu, yuk taruh handphone sementara waktu agar menjauhi dari media sosial pada saat berkumpul bersama teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa menjadi pribadi yang lebih ekspresif dan peduli kepada lingkungan sekitar

2. Mengurangi rasa insecure

Dengan adanya fitur follow di media sosial, pengguna bebas mau mengikuti siapa saja. Namun, hal ini bisa jadi mimpi buruk bagi mereka yang mengikuti pengguna sosial aktif. Sebab di setiap unggahannya pasti bisa menimbulkan rasa tidak aman atau kurang percaya diri. Jika kamu sudah masuk ke tahap ini, coba untuk kurangi pemakaian media sosial dulu deh. Ingat ya, kesehatanmu lebih penting daripada sebuah postingan yang membuat kamu semakin insecure.

3. Mencegah penyakit iri dan dengki akibat media sosial

Selain bisa bikin insecure, penggunaan media sosial secara berlebihan dapat menimbulkan rasa iri dan dengki dengan segala unggahannya. Semakin sering kamu melihat unggahannya, maka secara nggak langsung rasa iri itu akan terus bertambah. Hal ini benar-benar dapat memicu kesehatan mental dan jiwa kamu. Untuk mengurangi kejadian seperti ini, detektif akun media sosial menjadi solusi terbaik.

4. Bebas berkreasi dengan aktivitasmu

Kadang membagikan aktivitas di media sosial memang sangat menyenangkan, tetapi bagaimana jika unggahanmu memicu hatters dan dikritik oleh followers-mu? Pasti sedih dan kesal bukan? Sayangnya, hal ini pasti sering terjadi di zaman sekarang. Akibatnya, kesehatan mental jadi terganggu karena komentar negatif yang belum tentu bisa kamu terima. Nah, sekarang udah saatnya untuk letakkan handphone dan istirahat dari dunia media sosial agar kesehatan mentalmu tetap baik-baik saja. Dengan hal ini, kamu bebas berkreasi tanpa dipengaruhi oleh komentar negatif.

5. Lebih fokus terhadap pencapaian keberhasilanmu

Menjauh dari media sosial memastikan kamu tetap fokus akan tujuan dan pencapaian kamu yang belum terelasasikan. Artinya, dengan mengurangi media sosial kamu tidak akan lagi buang-buang energi untuk memikirkan komentar orang lain atau buang waktu scroll timeline. Jadi banyak manfaat yang akan kamu kerjakan saat kamu coba untuk tidak aktif bermain media sosial.

6. Bisa lebih hemat buat kamu yang suka belanja online

Selain update mengenai aktivitas sehari-hari. Biasanya, media sosial dapat digunakan sebagai ajang berbisnis. Banyak pengguna media sosial yang membuka lapak untuk meraih keuntungan. Namun di samping itu, dengan banyaknya akun online shop malah memicu kamu jadi boros deh. Duh bisa-bisa tabungan kamu jadi nggak ke kontrol. Untuk mengurangi seperti ini, kamu bisa melakukannya dengan unfollow akun belanja online agar terhindar dari godaan untuk membelinya.

Nah, sekarang udah tahu kan. Jadi, mulai sekarang kamu harus bijak menggunakan media sosial dan bisa mengambil sisi positifnya untuk kehidupan kamu.

Related Articles

Leave a Comment