Home Health Bukan Odol, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengobati Luka Bakar

Bukan Odol, Ini 5 Bahan Alami untuk Mengobati Luka Bakar

luka-bakar

Luka bakar memiliki 3 tingkatan yakni ringan, sedang, dan berat. Semuanya dilihat berdasarkan tingkat keparahan. Luka bakar ringan misalnya terbakar sinar matahari secara langsung, sedangkan luka bakar sedang memiliki ciri kulit melepuh, perih, dan kemerahan. Adapun luka bakar berat merusak seluruh lapisan kulit dan lemak, bahkan bisa sampai ke otot dan tulang. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana mengobati luka bakar dengan bahan alami.

Tentu saja yang bisa diobati dengan bahan alami hanyalah tingkatan luka bakar ringan hingga sedang asalkan lukanya tidak luas. Sebab untuk luka bakar berat atau luas dan mendalam jelas butuh pertolongan secara medis. Odol sering dianggap dapat menjadi pertolongan pertama pada luka bakar. Namun nyatanya hal tersebut keliru, karena dapat menyebabkan infeksi. Yuk, simak tips berikut untuk mengobati luka bakar dengan bahan alami.

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung vitamin E dan juga dapat memberikan sensasi sejuk sehingga dapat menjadi obat antiperadangan pada kulit serta meningkatkan keratinosit. Tak heran kalau lidah buaya terbilang efektif untuk menyembuhkan luka bakar pada lapisan epidermis. Keratinosit merupakan sel penyusun epidermis untuk mencegah keluar masuknya senyawa kimia asing. Untuk mengobati luka bakar, pastikan lidah buaya tersebut alami tanpa tambahan pewangi, alkohol, atau pewarna. Jadi, sebaiknya gunakan tumbuhan lidah buayanya secara langsung.

2. Air Mengalir

Air mengalir dapat menjadi pertolongan pertama pada luka bakar yang kamu alami seperti terciprat minyak panas atau tak sengaja menyentuh benda panas. Segera basuh bagian luka bakar dengan air mengalir selama 20 menit untuk melepaskan rasa panas pada kulit. Jangan mengoleskan kecap atau pasta gigi setelahnya, karena dapat memicu bekas luka yang sulit dihilangkan.

3. Madu

Khasiat madu dipercaya dapat menjadi penyembuh berbagai penyakit termasuk penyembuhan penyakit kulit berkat asam amino, vitamin, protein, mineral yang terkandung pada madu. Menurut jurnal Arif Mz dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, dalam madu juga terdapat senyawa organik seperti polyphenol dan glikosida yang bersifat antivirus dan antibakteri yang dapat menekan infeksi penghambat penyembuhan luka bakar.

4. Oatmeal

Seperti yang kita ketahui bahwa oatmeal dapat menjadi masker wajah yang dapat memberi kelembapan dengan baik. Gandum pada oatmeal memiliki khasiat antiperadangan sehingga mempercepat proses penyembuhan luka. Bubur oatmeal mampu mendinginkan dan melembapkan luka bakar. Caranya pun cukup mudah, buat bubur oatmeal dengan air biasa lalu kompres luka bakar dengan bubur tersebut selama 20 menit guna mencegah parahnya bekas luka.

5. Cuka Putih

Cuka putih mengandung antiseptik yang dapat mencegah luka bakar menjadi infeksi. Asam asetat yang terkandung pada cuka dapat meredakan radang dan rasa perih akibat luka bakar. Kamu hanya perlu menyelupkan kapas dalam air cuka lalu tepuk-tepuk halus area luka bakar dengan kapas tersebut. Antiinflamasinya mampu mempercepat penyembuhan luka bakar.

Untuk mencegah beks luka bakar yang dalam dan sulit disamarkan, kamu perlu mengambil langkah tepat pada penanganan luka bakar. Jika kondisi luka bakar terbilang cukup parah dan nyeri berlebihan sebaiknya langsung cek ke dokter sebab bahan-bahan alami tersebut hanya dianjurkan untuk luka bakar ringan hingga sedang dengan bentuk luka yang tidak terlalu besar.

Related Articles

Leave a Comment