Home Health Fakta 5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat Jadi Obat Herbal

Fakta 5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat Jadi Obat Herbal

bumbu-dapur

Nyatanya banyak sekali bumbu dapur yang jarang diketahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh kamu, lho. Selain dapat melezatkan makanan, siapa sangka kalau bumbu dapur yang dipakai untuk menambah cita rasa masakan juga bermanfaat bagi kesehatan. Nggak cuma bisa dipakai sebagai produk jamu, bumbu instan, tetapi bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai obat herbal. Nggak percaya? Cek fakta 5 bumbu dapur berikut yang dapat bikin kamu percaya, bahwa tanamannya sangat berkhasiat sebagai obat herbal. Simak ulasan lengkapnya!

1. Bawang Bombai

Bawang bombai sangat baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung, karenanya bawang bombai mampu menekan kadar kolestrol dalam darah. Selain itu, bawang bombai juga mampu memperbaiki dan memperlancar aliran darah akibat penyempitan pembuluh darah. Bukan hanya memperlancar aliran darah saja, manfaat bawang bombai juga dapat mencegah osteoporosis dan berkembangannya sel kanker. Bawang bombai juga biasa dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat memperlezat masakan kamu.

2. Lada Hitam

Mungkin kamu belum mengetahui bahwa lada hitam ternyata mengandung banyak sekali vitamin, mineral, dan kandungan kimia alami. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya ini membuat lada hitam semakin dipercaya untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Bumbu dapur yang satu ini dapat mengatasi permasalahan sakit kepala, nyeri sendi, mengatasi perut kembung, dan meringankan gejala penyakit asma. Selain itu, kabarnya lada hitam juga dapat menjadi obat herbal untuk penyakit jantung koroner dan diabetes.

3. Bawang Putih

Bagi penderita jantung mungkin mengonsumsi bawang putih bisa memberikan dampak positif. Tidak cuma bisa mengobati permasalahan jantung saja, bawang putih juga ampuh untuk menjaga organ kesehatan lainnya. Biasanya, bawang putih sering digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan asma dan lepra. Bumbu dapur yang satu ini memang tidak pernah ketinggalan sebagai penyedap masakan dapur.

4. Jahe

Sudah menjadi hal yang umum jika bumbu dapur yang satu ini terkenal sebagai obat herbal dengan khasiatnya. Yup, jahe mengandung banyak vitamin yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolestrol serta mengurangi penyerapan kolestrol pada hati dan darah. Khasiat tersebut membuat jahe sangat baik dikonsumsi bagi penderita kolestrol dan penyakit jantung. Bahkan kabarnya jahe juga dapat digunakan sebagai ramuan herbal yang dapat menyembuhkan radang pada sendi.

5. Bawang Merah

Sama seperti dengan bawang putih, bawang merah juga berfungsi sebagai antibiotik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Nggak percaya? Kandungan flavonoid dan fenol dalam bawang merah dapat membantu meredakan peradangan dan sekaligus menangkal radikal bebas. Selain itu, bawang merah juga dipercaya bisa melindungi sistem saraf, melawan pertumbuhan tumor, dan berfungsi sebagai antikanker. Bahkan, karena tidak pernah absen di segala jenis makanan membuat bawang merah mudah untuk didapatkan.

Itu tadi beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari bumbu dapur yang dekat dengan keseharian kita. Yuk, mulai sekarang kenali manfaat bumbu dapur untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Related Articles

Leave a Comment