Home Health Hidup Tenang, Intip 5 Kiat Simple Halau Overthinking

Hidup Tenang, Intip 5 Kiat Simple Halau Overthinking

Setiap kehidupan manusia pada dasarnya memang tak akan pernah terlepas dari sebuah masalah, karena masalah itulah yang membuat kita semakin berkembang memandang hidup. Hanya saja sisi baik masalah-masalah yang menimpamu itu hanya akan terlihat dengan kepala dingin dan ketenangan jiwa. Tentu saja overthinking berlebihan pasti sering dirasakan orang-orang dengan tipikal terlalu memikirkan apa-apa yang terjadi dalam hidupnya. Hal tersebut memang tergantung pribadi masing-masing dan kendali penuh pun ada pada orang tersebut. Namun, kalau kamu ingin hidup lebih tenang dan menghalau overthinking berlebihan, coba simak terlebih dahulu tips-tips berikut ini yuk!

1. Jangan terlalu fokus pada masalahnya, tetapi pikirkan juga jalan keluar

Masalah itu pasti terjadi pada hidup setiap orang, jangan membiarkan masalah yang terjadi menguap begitu saja tanpa penyelesaian yang jelas. Hal tersebut justru bisa saja akan menjadi bumerang untukmu dikemudian hari. Hal yang bisa kamu kendalikan adalah pikiran dan sikapmu untuk bagaimana menyelesaikannya. Menyesali yang sudah terjadi tidak akan menghasilkan apa-apa, fokuslah pada pemecahan masalah dan persiapkan solusi juga untuk kemungkinan terburuk.

2. Bukan naif, tetapi kamu harus punya kontrol atas pikiran negatif

Selalu berfikir positif tak lantas membuat kamu terlihat naif, justru kamu jadi punya kontrol pada pikiran negatif. Justru pikiran negatiflah yang akan menjerumuskanmu ke kecemasan yang lebih mendalam. Ingatlah bahwa realita dan pikiranmu sungguh berbeda, jangan melihat atau memperbesar masalah yang sebenarnya hanya ada dalam pikiranmu sendiri dan padahal sedang tak terjadi pada realitanya. Semua yang kamu lakukan selanjutnya berasal dari pikiranmu sendiri loh.

3. Cari distraksi agar tak hanyut dalam pikiranmu sendiri

Cobalah untuk menjadi pribadi yang produktif, kalau kamu tipikal orang yang sering overthinking sebaiknya hindari banyak melamun dan membiarkan pikiranmu terbang kemana-mana yang akan memicu overthinking berlebih. Cari distraksi dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, seperti membaca buku, melakukan hobi yang kamu sukai, mempelajari hal baru, menonton film atau berolahraga. Dengan melakukan aktifitas-aktifitas tersebut kamu jadi nggak punya waktu kan untuk memikirkan hal-hal negatif?

4. Coba berlatih mindfulness demi ketenangan jiwa

Mindfulness merupakan metode yang sedang banyak dilakukan untuk mengatasi stres hingga kecemasan. Sesuai dengan namanya, metode ini bertujuan untuk menenangkan pikiran lewat beberapa cara. Dilansir dari mindfulnesia.id, berlatih mindfulness dapat dilakukan dengan meditasi maupun non-meditasi. Praktik meditasi dalam konteks ini tidak bertujuan sebagai suatu ritual dalam sebuah agama tertentu. Namun merupakan bentuk metode dalam psikologi untuk mengelola pikiran dan perasaan. Sementara praktik non-meditasi yaitu dengan mempraktikan mindfulness pada aktivitas keseharian seperti makan, minum, mengendarai mobil, dan sebagainya.

Misalnya saat kamu sedang makan, hindari bermain gadget, menonton TV, atau bermain game. Fokuslah dengan kegiatan tersebut dan dengarkan kebutuhan tubuhmu. Nikmati rasa makananmu dan nikmati perasaan lapar yang perlahan lenyap. Kamu juga bisa menikmati momen berkendara, saat sedang dihadapkan pada kemacetan lalu lintas jangan buru-buru emosi. Tenang dulu karena bukan kamu saja yang terjebak macet, bukan kamu saja yang ingin cepat sampai ke rumah. Daripada marah-marah, kamu bisa melihat sekitar, meningkatkan empati, dan mengembalikan keseimbangan perspektif. Hidup tenang paling utama ya.

5. Olahraga dan penuhi kebutuhan vitamin D dari sinar matahari

Selain membuat tubuhmu bugar dan sehat, olahraga juga bisa menjadi aktifitas untuk mendistraksi overthinking atau kecemasan berlebih. Apalagi jika dilakukan pada pagi hari saat sinar matahari sedang bagus-bagusnya memberi asupan vitamin D untuk tubuhmu. Dilansir dari healthline.com, sinar matahari dapat meningkatkan hormon serotonin yang berpengaruh pada perasaan hati dan juga pikiran kita sehingga hal tersbeut membantu kamu untuk lebih tenang dan fokus. Kurangnya paparan sinar matahari dapat menunrunkan hormon serotonin yang dapat memicu kecemasan, overthinking berlebihan hingga depresi.

Overthinking untuk masalah yang terjadi adalah wajar dan memang itu merupakan reaksi alami yang mungkin saja terjadi saat kenyataan tak sesuai dengan harapan. Namun kamu tetap punya kontrol penuh atas pikiran itu sendiri, jangan biarkan dirimu hanyut kedalam pikiran negatif yang justru membuat keadaan tak jadi lebih baik. Pokoknya hidup tenang ya!

Related Articles

Leave a Comment