Home Health Jerawat Karena Masker, Ini 5 Solusi Tuntaskan Mask-Acne

Jerawat Karena Masker, Ini 5 Solusi Tuntaskan Mask-Acne

Semenjak Covid-19 mewabah di Indonesia, penggunaan masker pun diwajibkan di tempat umum dan dalam kegiatan apapun demi mencegah penularan virus Corona melalui droplet. Namun, lambat laun penggunaan masker ternyata memicu masalah kesehatan kulit di wajah seperti jerawat. Jerawat karena masker kini menjadi dilema bagi penderitanya. Pakai masker kok malah jerawatan, tapi kalau tak pakai masker, virus Corona masih mengancam kesehatan. Huft, bingung kan?

Tenang saja, CtreeMagz akan mengulas tips mencegah mask-acne atau jerawat yang disebabkan karena penggunaan masker. Yuk, simak artikelnya lebih lanjut!

1. Jangan menggunakan riasan terlalu tebal

Adanya virus Corona membuat riasan wajahmu seakan percuma karena harus tertutup masker. Namun, kamu tetap bisa tampil memesona dengan memaksimalkan riasan di bagian mata. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan menggunakan riasan terlalu tebal selagi wajahmu sering tertutup masker. Riasan tebal saat kamu menggunakan masker justru membuat kulitmu sulit bernapas, kemudian wajahmu akan berkeringat dan berminyak yang lantas menyumbat pori-pori hingga memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Nah, selagi wajahmu tertutup masker beri riasan seperlunya dan jangan terlalu tebal ya!

2. Ganti masker secara berkala

Mungkin beberapa di antara kamu sering menggunakan masker yang sama untuk beberapa hari karena dirasa masih bersih. Padahal bakteri tak kasat mata sedang bersemayam di masker tersebut dan memicu timbulnya permasalahan kulit wajah, seperti jerawat. Nggak mau kan jerawat timbul karena masker yang kotor, tetapi masih sering kamu gunakan? Yuk, perbanyak stok maskermu biar bisa ganti masker bersih setiap harinya demi kebersihan dan kenyamanan diri.

3. Gunakan masker berbahan kain

Masker yang dianjurkan Kemenkes RI ada 3, yakni masker N95, masker bedah, dan masker kain. Namun, penggunaan masker kain juga tidak boleh sembarangan, paling tidak masker kain memiliki 2 lapisan agar tetap aman digunakan. Pilih masker kain dengan bahan menyerap keringat untuk mencegah timbulnya jerawat dan gunakan bahan kain yang nyaman agar tidak terjadi gesekan di wajahmu yang menimbulkan iritasi serta gatal bagi pemilik kulit sensitif.

4. Rajin bersihkan wajah walaupun menggunakan masker selama berpergian

Meskipun menggunakan masker di luar dan selama beraktifitas bukan berarti wajahmu bebas kotoran ya. Kamu perlu rajin membersihkan wajah setelah beraktifitas di luar menggunakan masker. Wajahmu tetap memproduksi minyak dan keringat yang membuat wajah terasa lengket bahkan terlihat kusam. Kalau tidak rajin membersihkan wajah, bukan tak mungkin jerawat-jerawat akan segera bersemayam.

5. Pilih pelembap water based atau yang tidak mengandung banyak minyak

Bermasker atau tidak, wajahmu tetap butuh pelembap untuk menutrisi kulit dan terhidrasi. Pilih pelembap yang berbahan dasar air dan tidak terlalu banyak mengandung minyak. Mengingat wajahmu pastinya akan berkeringat selama mengenakan masker, nah pelembap yang mengandung banyak minyak justru akan membuat wajah terasa lengket, gerah, dan memicu pertumbuhan jerawat.

Kesehatan kulit wajah ternyata juga perlu diperhatikan selama bermasker di tengah-tengah wabah Covid-19. Jangan sampai masalah dan keluhan yang muncul membuatmu enggan bermasker. Ingat, tetap jaga diri kamu dari virus tersebut dengan menggunakan masker secara benar ya!

Related Articles

Leave a Comment