Home Health Selain Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Musik Bagi Kesehatan

Selain Keren, Ini 5 Manfaat Bermain Musik Bagi Kesehatan

bermain-musik

Segala aktivitas yang berhubungan dengan musik, mulai dari mendengarkan musik, membuat lirik lagu, hingga bermain alat musik bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Faktanya, banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat bermain musik bagi kesehatan. Pasalnya, musik secara tidak langsung dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Bahkan, tak jarang ketika kita sedang mendengarkan musik atau memainkan alat musik seketika bisa ikut terbawa suasana. Pengaruh inilah yang tanpa kita sadari bisa bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran kan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari bermain musik. Simak fakta lengkapnya berikut.

1. Meningkatkan sistem imun

Boleh percaya atau tidak, ternyata faktanya bermain musik bisa meningkatkan sistem imun tubuh, lho. Nggak percaya? Sebuah studi penelitian yang dipublikasikan di National Institutes of Health membuktikan bahwa musik dapat menurunkan kadar hormon kortisional yang berhubungan dengan stres. Bahkan, terkadang kadar hormon kortisional yang terlalu tinggi akibat stres dapat menurunkan respon imun terhadap kuman atau penyakit. So, secara tidak langsung bermusik itu menyehatkan, bukan?

2. Mengurangi stres

Bermain musik bisa dibilang bukan sekadar ajang pencarian bakat saja, melainkan bisa melepas penat juga, lho. Well, sebenarnya itu karena sifat alami musik yang dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Bahkan, musik sendiri bisa dijadikan terapi yang dapat mengurangi stres dan rasa cemas. Kegiatan apapun yang berhubungan dengan musik, membuat lagu sendiri, dan bermain alat musik dapat menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

3. Tampil lebih percaya diri

Memiliki rasa percaya diri memang memberikan dampak baik bagi kesehatan mental. Bahkan, bermain musik dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu, lho. Hal tersebut karena bermain musik bisa membuatmu lebih nyaman dalam mengekspresikan diri sendiri. Apalagi jika sudah mahir dalam memainkan semua alat musik, kamu lebih percaya diri untuk tampil di depan umum deh. Dampak yang baik bukan?

4. Memelihara fungsi kognitif

Bertambahnya usia membuat seseorang cenderung mengalami penurunan fungsi kognitif. Namun, hal ini berbeda pada seseorang yang sering bermain alat musik. Pasalnya, bermain alat musik bisa memelihara fungsi kognitif sehingga dapat mencegah penyakit alzheimer di usia senja. Singkatnya, bermain alat musik bagaikan olahraga bagi otak sehingga akan meningkatkan fungsi otak dan mencegah alzheimer akibat penurunan fungsi kognitif di usia lanjut.

5. Memberikan efek positif bagi penderita alzheimer

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa bermain musik dapat mencegah alzheimer di usia lanjut. Tak hanya itu, bermain musik juga ternyata memberikan dampak positif bagi penderita alzheimer. Hal ini terbukti, bahwa bermain dan mendengarkan musik dapat memberikan stimulasi yang baik bagi otak sehingga mempromosikan memori yang lebih baik bagi penderita alzheimer. Meskipun begitu, para ahli pun sepakat bahwa penyakit alzheimer tidak dapat disembuhkan. Namun, solusi bermain musik bisa memberikan dampak baik untuk penyakit alzheimer.

Itulah beberapa manfaat dalam bermain musik bagi kesehatan mental. Bagaimana tertarik melatih kemampuan bermusik kamu? Ngomong-ngomong apa nih alat musik favoritmu?

Related Articles

Leave a Comment