Home Health 5 Tips Detoksifikasi Pikiran, Demi Jaga Kesehatan Mental

5 Tips Detoksifikasi Pikiran, Demi Jaga Kesehatan Mental

stress-detox

Supaya tetap sehat dan bebas dari penyakit, kita memang dituntut untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental. Ini biasanya sering terjadi, ketika kita berusaha membuang racun dalam tubuh dan menjauhkan pikiran yang negatif. Sebab racun mental dan emosional sering kali luput dari perhatian. Padahal tanpa disadari racun dalam pikiran ini menyebabkan masalah pada fisik sehingga membuat pikiran lebih mudah kacau dan stres. Bahayanya kekacauan pikiran dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kurang fokus, kelelahan, gangguan komunikasi, merasa kurang bahagia, bahkan bisa bikin kamu drop dan jatuh sakit. Nah, untuk menghindarinya kamu perlu detoksifikasi dan menyalurkan energi positif pada pikiran. Mau tahu tipsnya seperti apa? Simak informasi berikut yuk!

1. Istirahat sejenak dari media sosial

Salah satu aktivitas yang mungkin membuang waktu adalah dengan scrolling media sosial tanpa henti. Tidak hanya membuat kamu lupa hal-hal lain yang lebih penting, tetapi media sosial kerap kali bisa mengacaukan pikiran. Bahkan menurut studi, media sosial merupakan jaringan terburuk untuk kesehatan mental yang menyebabkan penggunanya merasa cemas dan tertekan. Jadi, sesekali tinggalkan media sosial untuk sementara waktu dan temukan sesuatu menarik di dunia nyata ya!

2. Lakukan meditasi

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika meditasi. Yup, meditasi adalah solusi yang tepat untuk kamu mendetoksifikasi pikiran. Sebab, dengan meditasi dapat membantu kamu menjadi lebih rileks, sekaligus mengatasi stres dan kecemasan. Apalagi ketika kamu merasa overthinking dan perlu detoksifikasi pikiran dari apapun yang telah membebanimu segeralah untuk melakukan meditasi minimal 10 menit.

3. Menghabiskan waktu di luar ruangan

Memang benar menghabiskan waktu di luar ruangan cukup memberikan kamu semangat dan meningkatkan energi ke pikiran dan tubuh. Sebab, menghabiskan waktu di luar ruangan mampu meningkatkan fisik dan mental secara menyeluruh, lho. Padatnya aktivitas di luar ruangan membuat kamu lupa akan pikiran overthinking, menurunkan stres hingga meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi. Dengan kekuatan semacam ini, keluar rumah mungkin cara terbaik untuk detox pikiran.

4. Explore hobi yang kamu sukai

Jangan berlarut dalam pikiran yang kacau, saatnya bangkit dan explore hobi yang kamu sukai yuk! Hal ini tentu sangat membantu kamu dalam menjaga pikiran tetap sehat dan selalu berfikir positif, lho. Selain bisa produktif, kamu juga dapat meningkatkan konsentrasi dalam pikiran sehingga secara perlahan pikiran kamu yang overthinking akan terdetoksifikasi secara perlahan.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat dan tidur yang cukup memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mental. Jam tidur yang kurang diduga akan memicu suasana hati yang kurang baik. Kamu bisa menjadi lebih mudah marah, tidak sabar, dan sulit untuk berkonsentrasi. Bahkan, kurang tidur juga dapat membuat kamu menjadi lebih lelah dalam melakukan hal yang diinginkan. Tidur yang cukup setiap malamnya adalah salah satu cara terbaik untuk mendukung proses detoksifikasi alami otak.

Nggak cuma kesehatan tubuh aja nih yang penting, kesehatan mental kamu juga butuh untuk diperhatikan ya. Ingat jangan sampai stres karena hidup ini cuma sekali.

Related Articles

Leave a Comment