Home Health Wajib Stok, Khasiat 5 Essential Oil Bisa Redakan Nyeri Haid

Wajib Stok, Khasiat 5 Essential Oil Bisa Redakan Nyeri Haid

nyeri-haid

Rasa tidak nyaman di sekitar perut saat wanita sedang menstruasi adalah hal yang umum terjadi. Bahkan, kram saat haid membuat para perempuan merasa kurang nyaman. Jangankan untuk bepergian jarak jauh, saat duduk pun perut bisa terasa sakit. Untungnya, sekarang ini terdapat berbagai cara untuk meredakannya. Mulai dari berolahraga, mengompres perut hingga berendam dengan air hangat. Oh ya, kamu juga bisa lho mencoba dengan menggunakan essential oil yang terbuat dari bahan alami. Selain bisa meredakan, memijat dengan minyak alami ini juga bisa bikin kamu rileks. Mau tahu apa saja minyak tersebut? Simak info berikut.

1. Minyak Serai

Tak jarang diketahui, bahwa minyak serai memiliki manfaat yang sangat beragam. Pada umumnya, minyak serai digunakan untuk mengusir nyamuk. Pasalnya, aroma yang sangat menyengat ini membuat nyamuk enggan untuk mendekat. Meskipun mempunyai aroma yang khas, tetapi minyak serai bisa meredakan nyeri haid. Bahkan, khasiat kandungan di dalamnya mampu membuat otot menjadi lebih rileks. Cara penggunaannya pun mudah, cukup oleskan minyak pada perut untuk meredakan kram saat haid.

2. Minyak Kayu Putih

Biasanya, ketika haid pertama perut akan terasa kram atau kembung. Oleh karena itu, pertolongan pertama pada saat kram haid adalah dengan cara mengoleskan minya kayu putih. Dilansir dari Healing Touch Spa, tumbuhan eukaliptus atau kayu putih memiliki sifat antibakteri, jamur dan virus yang bisa mengurangi rasa sakit pada perut. Bukan hanya itu saja, khasiat yang ada pada minyak kayu putih juga bisa mengatasi masalah haid dan sakit kepala.

3. Minyak Lavender

Selain biasa digunakan sebagai aromaterapi, ternyata minyak lavender juga dapat meredakan nyeri pada saat haid, lho. Bahkan, aroma lavender sendiri dapat memengaruhi prostalglandin yang bisa meringankan rasa sakit dan kontraksi pada rahim perempuan. Kamu dapat menggunakannya dengan cara dioleskan atau dipijit pada bagian perut.

4. Minyak Kayu Manis

Bukan hanya biasa digunakan sebagai bahan masakan atau membuat kue saja, kayu manis juga dapat memberikan khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk meredakan nyeri pada saat haid. Apalagi kayu manis dalam bentuk essential oil memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengatasi kram pada saat menstruasi. Caranya pun cukup praktis, hanya oleskan dan pijat-pijat halus pada bagian perut.

5. Minyak Kelapa

Perlu kamu ketahui, minyak kelapa mempunyai khasi antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu, minyak ini bisa kamu manfaatkan untuk mengobati kram haid. Jika biasanya minyak ini dipakai dengan cara dioleskan ke perut, kamu bisa mencobanya pada saat diminum. Cukup campurkan minyak kelapa ke dalam teh hangat atau minum secara langsung. Dijamin, khasiatnya akan lebih cepat terasa!

Jadi gimana sudah tahu kan, minyak apa saja yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri pada saat haid? Jangan ragu untuk mencoba, ya!

Related Articles

Leave a Comment