Home Health Waktunya Usir Bakteri, Yuk Bikin Hand Sanitizer Sendiri!

Waktunya Usir Bakteri, Yuk Bikin Hand Sanitizer Sendiri!

hand-sanitizer

Hand sanitizer sempat menjadi komoditas yang banyak dicari semenjak merebaknya Covid-19 di Indonesia. Bahkan tak sedikit orang yang memanfaatkan situasi tersebut untuk mengambil keuntungan dari menjual hand sanitizer dengan harga selangit. Padahal kamu bisa kok bikin hand sanitizer sendiri.

Masyarakat kini semakin meningkatkan proteksi diri untuk menjaga kebersihan telapak tangan di mana pun mereka berada. Meski mencuci tangan sebaiknya dengan air mengalir, tetapi di kondisi tertentu hand sanitizer bisa menjadi andalan. Di tengah-tengah kelangkaan hand sanitizer, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah membagikan formula pencuci tangan berbasis alkohol yang bisa kamu racik sendiri. Yuk, simak ulasannya!

1. Persiapkan bahan-bahannya yang bisa kamu temukan di apotek terdekat

  • Ethanol 96%
  • Gliserol
  • Hidrogen Peroksida
  • 1 liter air yang sudah disuling atau direbus hingga mendidih

Sebelum memulai pembuatan hand sanitizer, kamu perlu mencari tiga bahan kimia utama yang dapat kamu temukan di toko kesehatan atau apotek. Campurkan gel lidah buaya yang berfungsi untuk mencegah kulit kering akibat terpapar bahan-bahan tersebut sehingga kulitmu tetap terjaga kelembapannya.

2. Siapkan alat-alat, termasuk gelas ukur agar mudah menakar bahan-bahannya

  • Gelas ukur
  • Pengaduk yang bersih
  • Wadah atau botol hand sanitizer

Sebaiknya gunakan gelas ukur transparan agar dapat memudahkan kamu dalam mengukur bahan-bahan kimia tersebut sehingga hasil campurannya pas. Hasilnya pun jadi bisa berfungsi sebagai penangkal bakteri dan virus penyebab penyakit.

3. Campur bahan-bahan tersebut sesuai takarannya

WHO mengumumkan takaran formula, yakni Ethanol sebanyak 833,3 ml, Gliserol 14,5 ml, dan Hidrogen Peroksida 41,7 ml. Campurkan seluruhnya ke dalam gelas ukur, lalu tambahkan air yang sudah disuling sesuai keinginan. Kalau semua bahan sudah tercampur, masukan hand sanitizer buatanmu ke dalam botol kecil agar mudah dibawa berpergian.

Kalau kamu berniat bikin hand sanitizer sendiri, sebaiknya gunakan takaran yang sama dengan formula WHO untuk mencegah risiko buruk yang akan terjadi. Misalnya ketidakefektifan hand sanitizer untuk membasmi bakteri ketika racikanmu hanya menduga-duga ukurannya. Namun bagaimanapun juga, cara mencuci tangan terbaik adalah dengan sabun selama 20 detik dengan air mengalir. Stay healthy everyone!

Related Articles

Leave a Comment