Home Health 5 Tanaman Hias dengan Segudang Manfaat yang Bikin Sehat

5 Tanaman Hias dengan Segudang Manfaat yang Bikin Sehat

bunga-lavender

Merawat tanaman hias diyakini punya banyak manfaat yang positif, terutama untuk kesehatan mental. Dilansir dari Psychology Today, Sarah Rayner, penulis Making Friends with Anxiety (2018) mengungkapkan bahwa merawat tanaman bisa menjadi sebuah kekuatan terapeutik yang dapat memungkinkan kita untuk menyalurkan amarah.  Hal ini seolah jadi jawaban kenapa makin ke sini, merawat tanaman jadi kegiatan yang makin diminati. Supaya manfaat dari merawat tanaman jadi semakin terasa, kamu bisa memilih tanaman-tanaman jenis ini sebagai tambahan koleksi. Keberadaannya tidak hanya jadi penyejuk mata dan hati, tetapi juga punya segudang manfaat yang membuat hidupmu jadi lebih sehat.  

1. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Konon, tanaman ini disebut sebagai lidah mertua karena bentuknya yang runcing dan panjang seperti lidah. Kenapa ada mertua di belakangnya? Kamu pasti sudah tahu dengan pasti lanjutan dari jawabannya kan? Termasuk salah satu tanaman hias yang ikutan ngehits sejak pandemi, lidah mertua semakin diminati karena punya daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, lidah mertua juga mampu menyerap gas-gas beracun, seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Istimewanya lagi, tanaman ini akan melepaskan oksigen ke lingkungan. Hal itu otomatis membuat udara di sekelilingmu jadi lebih segar. Pas banget buat kamu yang lagi dikejar deadline supaya bisa lebih semangat bekerja.

2. Herbras (Gerbera jamesonii)

Tanaman hias yang juga dikenal dengan sebutan Gerber Daisy atau Gerbera ini bisa jadi salah satu pilihan tepat kamu untuk mulai berkebun. Bunganya yang berwarna-warni nggak cuma mampu mempercantik dekorasi ruangan, tetapi juga memberi efek menenangkan. Tanaman hias ini mampu menyerap trichloroethylene, salah satu polutan yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, kemampuan tanaman herbras dalam menghasilkan oksigen juga sangat bagus untuk kamu yang sering mengalami insomnia atau gangguan pernapasan. Jangan lupa taruh satu di kamar tidurmu ya.

3. Lavender (Lavandula)

Lavender banyak dibuat sebagai minyak esensial yang dipercaya punya khasiat untuk sakit kepala, insomnia, hingga depresi. Kamu bisa mencoba menanam lavender sebagai langkah awal berkebun. Wangi lavender diyakini bisa membantu kamu meningkatkan kualitas tidur, dan menurunkan tingkat stres serta kecemasan. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya pernyataan dari Pusat Medis Universitas Maryland bahwa lavender bisa memberikan efek yang menenangkan dan menyejukkan.

4. Rosemari (Rosmarinus officinalis)

Rosemari mungkin lebih dikenal sebagai bumbu dalam masakan. Padahal, rosemari juga bagus lho dijadikan tanaman hias. Aroma khas rosemari bisa jadi penangkal keberadaan nyamuk dan lalat. Dalam dunia medis, rosemari terbukti bisa meningkatkan daya ingat dan mempertajam daya fokus. Hal ini sesuai dengan penelitian yang pernah dimuat oleh International Journal of Neuroscience. Percaya atau nggak, keberadan rosemari sebagai simbol daya ingat ternyata sudah terjadi sejak dahulu kala. Konon di zaman Romawi Kuno, orang-orang Roma dan Yunani akan melemparkan tangkai rosemari ke kuburan orang yang telah meninggal sebagai tanda kalau mereka akan mengingat keberadaan orang tersebut.

5. Melati (Jasminum sambac)

Tanaman hias yang menjadi bunga simbol nasional atau kerap disebut sebagai puspa bangsa ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Aroma bunga melati yang harum mewangi bisa membantu untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Seperti yang kita ketahui bersama, tidur merupakan salah satu hal penting yang nggak boleh dilewatkan. Saat kualitas tidur menurun, sering kali emosi suka jadi ikutan nggak stabil. Pada akhirnya mengganggu fokus dan konsentrasi deh. Nah, kalau kamu mulai merasakan hal serupa, kamu bisa nih mencoba menanam bunga melati untuk meresapi aromanya.

Wah, ternyata tanaman-tanaman hias ini nggak cuma menenangkan hati saat dipandang, tetapi juga punya banyak manfaat yang menyehatkan badan dan pikiran. Kira-kira jenis tanaman nomor berapa saja nih yang mau kamu jadikan tambahan koleksi?

Related Articles

Leave a Comment