Home Health Bikin Segar, 6 Tanaman Indoor Ini Bisa Menyaring Polusi

Bikin Segar, 6 Tanaman Indoor Ini Bisa Menyaring Polusi

tanaman-indoor

Merawat tanaman hias jadi salah satu kegiatan yang banyak digemari orang semenjak pandemi Corona melanda. Beberapa jenis tanaman pun hadir sebagai primadona sehingga banyak dicari untuk dikoleksi, sebut saja aglonema dan monstera. Namun, tidak sedikit pula yang mencari tanaman indoor yang keberadaannya nggak cuma bisa membuat sejuk mata, tetapi juga udara di sekitarnya. Tanaman-tanaman ini biasanya bisa diletakkan di dalam rumah dan termasuk mudah dalam hal perawatan. Jadi kalau kamu ingin memberikan nuansa baru di rumah, tanaman-tanaman ini bisa banget nih dipilih.

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Pasti sudah nggak asing lagi ya dengan tanaman yang satu ini. Manfaatnya banyak sekali, bisa digunakan sebagai obat, makanan, minuman, sampai produk kecantikan. Manfaat lain yang mungkin hampir luput diketahui orang adalah lidah buaya mampu menyerap benzena. Benzena sendiri merupakan salah satu bahan kimia bersifat karsinogenik yang biasanya dihasilkan dari emisi kendaraan bermotor. Supaya kelihatan apik, kamu bisa meletakkan lidah buaya di dalam pot berukuran sedang. Jika ingin meletakkannya di dalam rumah, pastikan untuk tetap mendapatkan sinar matahari setidaknya satu kali dalam seminggu ya.

2. Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Dibandingkan dengan tanaman hias lain, lili paris mungkin terlihat biasa saja dengan daunnya yang memanjang dan cenderung berukuran kecil. Namun siapa yang menyangka, di balik bentuknya yang sederhana, ternyata tanaman yang juga dikenal dengan sebutan spider plant ini punya manfaat yang istimewa. Tanaman indoor ini mampu melenyapkan karbon monoksida dan formaldehida. Kamu bisa meletakkan lili paris dalam pot gantung atau dalam di tempat yang cukup tinggi supaya daunnya yang memanjang akan terlihat cantik saat menjuntai ke bawah. Pastikan untuk meletakkannya di tempat teduh yang tidak langsung terkena sinar matahari ya.

3. Pakis Boston (Nephrolepis exaltata)

Dikenal juga dengan sebutan pakis pedang, pakis jenis ini mulai kembali dilirik karena diyakini mampu membersihkan udara dari polutan, seperti formaldehida dan xilena. Pakis boston juga efektif menyerap karbon monoksida yang biasanya berasal dari asap rokok, asap kendaraan bermotor, sampai asap kebakaran hutan atau lahan. Semua polutan yang diserap pakis boston akan diubah dalam proses fotosintesis menjadi oksigen yang bisa membuat kamu bernapas lebih baik karena segarnya udara sekitar. Kalau kamu baru saja mengecat dinding rumah, meletakkan tanaman ini di dalam ruangan yang baru saja kamu cat adalah pilihan yang tepat. Soalnya tanaman indoor ini juga bisa menyerap bau cat tembok yang menyengat lho. Wah, sungguh banyak manfaatnya ya.

4. Bambu Jepang (Dracaena marginata)

Kalau kamu lebih tertarik dengan tumbuhan yang agak ramping dan tinggi, tanaman ini mungkin bakal bikin kamu jadi jatuh hati. Selain bentuknya yang cantik, bambu jepang juga termasuk salah satu tanaman pembersih udara. Tanaman ini nggak cuma bisa menghasilkan oksigen, tetapi juga bisa menghilangkan zat beracun yang ada di udara seperti  formaldehida, xilena, toluena, benzena, hingga trikloroetana. Jika kamu ingin meletakkannya di dalam ruangan, pastikan untuk selalu memerhatikan kondisi tanah. Soalnya, tanaman ini tidak disarankan ditanam dalam media tanam yang terlalu kering, tetapi tidak boleh terlalu basah juga.  

5. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Tanaman ini termasuk salah satu primadona dalam urusan penyaring polusi udara. Kerap disapa juga dengan sebutan devil’s ivy, sirih gading mampu membersihkan udara dari formaldehida, xilena, benzena, dan karbon monoksida. Apalagi kalau di rumah ada anggota keluarga yang merokok, tanaman ini bisa jadi solusi supaya sirkulasi udara di rumah kamu bisa cepat segar kembali. Soalnya, tanaman ini juga mampu menghasilkan banyak oksigen, lho. Perawatannya pun terbilang mudah. Kamu bisa menanamnya baik dengan media tanah maupun air. Jika dia air, kamu hanya perlu mengganti airnya setiap beberapa hari sekali. Jika menggunakan media tanah, siram secukupnya saat air di pot sudah terlihat kering ya.

Nah, itu dia lima tanaman yang bisa menyegarkan suasana. Keberadaannya jadi sarat makna karena nggak cuma enak dipandang, tetapi juga menyehatkan. Yuk, ikutan tanam juga di dalam rumah.

Related Articles

Leave a Comment