Home Men Penting, 5 Kebiasaan Pria Ini Bisa Merugikan Kesehatan

Penting, 5 Kebiasaan Pria Ini Bisa Merugikan Kesehatan

Pria dewasa identik dengan pribadi yang aktif, dinamis, dan pekerja keras. Terkadang sampai melupakan waktu untuk berisitirahat. Padahal menjaga kesehatan bagi pria dewasa merupakan hal yang mutlak untuk mengimbangi aktivitas mereka yang padat. Namun, tidak jarang mereka mengesampingkan hal tersebut. Berikut 5 kebiasaan pria yang merugikan dan berkaitan dengan kesehatannya serta cara mengatasinya seperti dilansir dalam readersdigest.ca.

1. Menghindari dokter

Pria lebih sering mengabaikan nasihat dokter. Mereka lebih memilih untuk tidak melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur atau memeriksakan dirinya ke dokter saat merasa masih bisa meng-handle rasa sakit. Hal ini dikarenakan pria kesulitan untuk membicarakan sesuatu yang sangat personal atau emosional. Pria memiliki berbagai cara untuk melakukan penolakan, tidak mau untuk meminta bantuan, dan tidak mau menunjukkan kalau dirinya sakit. Tidak jarang hal ini akan berakibat buruk pada kesehatannya. Sebaiknya pria melakukan tindakan pencegahan dengan berkonsultasi secara rutin kepada dokter setahun sekali karena semakin bertambahnya umur semakin banyak penyakit yang harus diwaspadai.

2. Mengonsumsi makanan cepat saji

Padatnya aktivitas membuat pria lebih memilih makanan yang praktis. Mereka memilih untuk makan di restoran cepat saji yang memiliki kandungan garam, lemak, kalori, dan karbohidrat yang berlebih serta rendah nutrisi. Kebiasaan pria ini akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti diabetes, hipertensi, meningkatnya kolesterol, dan penyakit jantung. Namun, sebagian pria tetap saja tidak dapat menghindarinya. Solusi yang dapat dilakukan pria agar kesehatan mereka tetap terjaga adalah membawa bekal sehat dari rumah.

3. Tidak memakai sunscreen

Tanpa pria sadari, pemakaian sunscreen saat ini sangatlah penting. Sunscreen sangat berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang saat ini semakin tidak bersahabat yang bisa saja memicu penyakit kanker kulit. Apalagi aktivitas pria yang banyak dilakukan di luar ruangan, baik itu saat bekerja maupun berolahraga. Pria harus mengesampingkan alasan, jika memakai sunscreen menjadi kurang macho. Pemakaian sunscreen secara rutin sudah harus dilakukan semua usia. Menyempatkan diri untuk mengoleskan sunscreen ke kulit akan menyelamatkan hidup kamu.

4. Tidak menyikat gigi

Kegiatan menyikat gigi merupakan hal wajib yang harus dilakukan, namun sering diabaikan oleh pria dengan alasan tidak memiliki banyak waktu saat di kamar mandi. Tidak menyikat gigi secara teratur akan menyebabkan gangguan pada gusi dan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mungkin terlihat sepele, tetapi dapat menimbulkan risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, disfungsi ereksi, hingga demensia. Agar gigi dan tubuh tetap sehat, pria sebaiknya menyediakan waktu sehari sekali saat mau tidur untuk membersihkan gigi secara menyeluruh baik dengan sikat gigi dan dental floss.

5. Tidak mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan kegiatan yang sepele, tetapi kaya manfaat. Banyak virus dan bakteri penyakit berkumpul di tangan. Berdasarkan penelitian American Society for Microbiology Soap and Detergent, satu dari tiga pria tidak mencuci tangannya setelah keluar dari kamar mandi. Kebiasaan pria untuk tidak mencuci tangan setelah dari kamar mandi merupakan cara tercepat untuk menyebarkan kuman dan bakteri, baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Biasakan diri untuk mencuci tangan setelah melakukan aktivitas dan sebelum makan.

Jadi, kamu para pria nggak mau kan kesehatan terganggu karena kebiasaan buruk yang kamu pelihara? Yuk, ubah kebiasaan kamu dan terus hidup sehat.

Related Articles

Leave a Comment