Home Men Cowok Wajib Pakai Sunscreen, Kalau Tak Mau Alami 5 Hal Ini

Cowok Wajib Pakai Sunscreen, Kalau Tak Mau Alami 5 Hal Ini

Dibanding perempuan, laki-laki memang lebih cuek memerhatikan penampilannya. Jangankan penampilan, masalah kesehatan kulit wajah pun mereka nggak mau ambil pusing. Buat cowok sih, asalkan rajin cuci muka setiap hari saja sudah cukup, padahal nggak cukup itu aja lho. Mereka lupa akan masalah yang timbul akibat efek buruk sinar matahari. Terlebih lagi untuk laki-laki yang aktif beraktivitas di luar ruangan, sudah pasti kulit yang tanpa perlindungan sunscreen nggak bisa dibiarkan.

Sunscreen yang tepat untuk laki-laki sebaiknya memiliki kandungan minimal 30 SPF dengan water based atau hasil akhir yang matte agar kulit wajah tak berminyak. Sunscreen yang beredar di pasaran sebenarnya nggak cuma diproduksi buat perempuan lho! Cowok juga bebas pakai. Memang sih secara kasat mata efeknya biasa-biasa saja, tetapi kamu nggak tahu kan apa yang akan terjadi dalam jangka panjang? Nah, kalau malas pakai sunscreen, kamu bakal mengalami 5 hal tak menyenangkan ini! Nggak mau kan?

1. Kulitmu akan lebih cepat kemerahan dan perlahan menghitam

Efek jangka pendeknya tentu saja kulitmu jadi terlihat lebih gelap alias gosong! Tanpa sunscreen, hal tersebut akan terjadi lebih cepat. Setidaknya perlindungan sunscreen dengan SPF yang tinggi akan menghambat proses penghitaman kulitmu. Sebab, kulit normal manusia hanya bertahan 10 menit di bawah paparan sinar matahari, sementara jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit mampu menahan panas matahari tersebut. Misalnya sunscreen mengandung 15 SPF, artinya kulit akan bertahan di bawah terik matahari selama 150 menit.

2. Warna kulit tidak merata, jadi belang sana-sini deh

Meskipun mengenakan baju berlengan panjang, tetap saja bagian tubuh lainnya yang tidak tertutup baju akan terbakar matahari. Hal tersebut akan memberikan warna yang tidak merata pada tubuh seperti pada daerah telapak tangan, lengan, atau bahkan leher. Kalau rajin pakai sunscreen, kamu nggak perlu khawatir leher atau lenganmu menghitam.

3. Timbul pigmentasi pada wajah yang menimbulkan bercak-bercak putih

Eitss! Bercak putih yang ini berbeda dengan panu ya. Fenomena ini biasa disebut Pityriasis Alba terjadi saat kondisi kulit terlihat bersisik membulat dan lebih putih dari kulit aslimu. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari di saat kulit tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membuatnya tetap lembap. Maka dari itu, penggunaan sunscreen dapat sekaligus melembapkan kulit wajah karena diperkaya dengan kandungan vitamin E juga.

4. Cowok wajib pakai sunscreen untuk cegah penuaan dini

Ternyata, selain baik untuk kebutuhan tulangmu, sinar matahari juga memiliki sisi buruknya. Itu adalah radiasi UV yang dapat merusak sel-sel kulitmu kalau terlalu sering terpapar. Akibatnya, tidak hanya kulit yang menggelap, tetapi juga berpengaruh pada elastisitas kulit sehingga menyebabkan penuaan dini. Tanpa sadar kulit wajahmu pun akan menampilkan kerutan-kerutan halus dan flek hitam. Oleh sebab itu, sunscreen dapat menjadi solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

5. Bahaya lebih lanjut dapat menyebabkan kanker kulit, penggunaan sunscreen memang nggak bisa disepelekan, lho!

Nyatanya sinar UV memang memberikan efek buruk pada kulit jika terpapar berlebihan tanpa perlindungan sunscreen. Sinar UV ini tidak hanya membakar kulit bagian terluar, tetapi juga menembus lapisan kulit paling dalam sehingga dikhawatirkan merusak sel-sel kulit dan memengaruhi fungsinya. Sel-sel kulit yang sedang aktif berkembang biak sangat rentan terhadap kerusakan DNA. Nah, sinar UV yang berlebihan memiliki potensi merusak DNA dan menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkontrol. Itulah yang menjadi cikal bakal kanker kulit.

Sudah tahu kan akibatnya? Yuk, saatnya cowok-cowok mulai menyadari perawatan kulit wajah, biar nggak cuma tampan saja, tetapi juga sehat dan awet muda. Jangan lupa pokoknya cowok wajib pakai sunscreen dan jaga kesehatan kulit yang jadi salah satu aset untuk tampil prima.

Related Articles

2 comments

Fadhil -

Mantaps

Reply

Leave a Comment