Home Men Dear Cowok, Kendalikan 5 Hal Ini Sebelum Susah Mapan

Dear Cowok, Kendalikan 5 Hal Ini Sebelum Susah Mapan

Cowok memang identik dengan kesan pelindung dan pemimpin. Sosoknya yang tangguh membuat dirinya dirasa perlu bertanggung jawab dan selangkah lebih maju dibanding cewek. Begitu juga dengan naluri cowok yang punya sifat melindungi dan mengayomi. Oleh sebab itu, kemapanan menjadi hal yang penting untuk diraih agar dapat melangsungkan kehidupan yang sejahtera. Cowok mapan nggak selalu tentang materi yang berlimpah, tetapi juga pola pikir yang sudah matang dan stabil.

Cowok cenderung menyukai hal-hal yang bebas dan menantang sehingga beberapa hal tersebut timbul menjadi kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar dapat membuat hidup para cowok menjadi tidak lebih baik. Yuk, simak apa saja sih yang perlu dikendalikan cowok sebelum kebiasaan itu memperburuk kehidupan mereka.

1. Menunda pekerjaan dan tidak menghargai waktu

Setiap diberi tanggung jawab untuk menyelesaikan sesuatu kamu selalu berdalih “Nanti aja deh, gampang itu mah“. Iya sih selesai, tetapi dilakukan dengan waktu yang mepet dengan hasil yang nggak maksimal. Ingat, waktu adalah uang. Sekali kamu menunda pekerjaan, maka hal lain pun juga akan tertunda. Selagi bisa bergerak sekarang kenapa harus menunggu nanti, segala hal yang dilakukan sesegera mungkin membuatmu lebih leluasa dalam manajemen waktu karena tidak adanya pekerjaan yang tertunda. Cowok mapan anti nunda-nunda pekerjaan!

2. Adiktif terhadap alkohol, rokok hingga obat-obatan terlarang

Kecanduan hal-hal yang bersifat adiktif memang sulit sekali rasanya untuk dihilangkan seperti rokok, alkohol, bahkan narkotika dan sejenisnya. Mulailah berproses untuk mengurangi hal-hal negatif tersebut, toh sejujurnya memang sulit kan melepas ketergantungan terhadap sesuatu? Namun, setidaknya kamu berusaha untuk bergerak melepas zat-zat adiktif yang dapat memengaruhi kondisi tubuhmu dalam jangka panjang.

Kalau merokok dengan jumlah yang wajar sih mungkin masih bisa ditoleransi bagi sebagian orang, tetapi bagaimana dengan cowok yang mampu menghabiskan satu bungkus rokok dalam sehari? Hal tersebut sudah jelas berlebih dan sebaiknya kamu kurangi sebelum sulit mapan.

3. Tak punya pengelolaan uang yang jelas

Kemapanan dapat segera diraih dengan mulai memerhatikan pos-pos pengeluaran, untuk keperluan apa saja dan berapa nominal pastinya. Nggak ada salahnya kok kalau cowok mencatat pengeluarannya selagi masih hidup sendiri, agar siklus keuangan lebih tertata. Daripada nggak jelas kemana habisnya kan?

Kalau kamu terbiasa menggunakan kartu kredit, sebaiknya kamu perlu mengendalikan kebiasaan ini. Kebanyakan mencicil barang pastinya membuat tagihan pun semakin membludak setiap bulannya, yang akhirnya menyebabkan kamu jadi sulit menabung.

4. Mempertahankan kekasih toxic hanya karena terlalu sayang

Istilah zaman sekarang sih namanya bucin alias ‘budak cinta‘. Cinta sih boleh-boleh aja, namun kamu tetap harus memandang hal tersebut dengan logika. Jangan perkara perasaan melulu. Nyatanya, kekasih toxic dapat menghambat produktifitas yang akhirnya membuatmu sulit mencapai kemapanan. Misalnya, kekasih yang terlalu banyak menuntut dibelikan ini itu tanpa memperdulikan kebutuhanmu sendiri plus terlalu over protektif dan nggak suportif terhadap perkembangan karirmu.

5. Tidak konsisten dan mudah bosan terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan

Baru saja melakukan sebuah pekerjaan, beberapa bulan sudah bosan dan akhirnya pindah haluan. Jangan selalu mementingkan egomu sendiri, sukses juga butuh proses yang tidak instan begitu saja. Kesuksesan butuh konsistensi dan kegigihan. Bagaimana mau sukses kalau sedang menekuni satu hal tahu-tahu sudah bosan. Kalau memang hal yang kamu kerjakan betul-betul membosankan, coba ambil rehat sejenak dan lakukan rutinitas tersebut dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Meski dibalik cowok mapan terdapat cewek hebat, tetapi cowok juga harus mampu mengendalikan gaya hidup mereka sendiri agar tak berdampak buruk pada kehidupan mereka sendiri ke depannya. Ingat, tubuhmu adalah tameng untuk cewek yang kamu sayangi. Kalau memapankan diri saja belum mampu, bagaimana mau menjaga sosok masa depanmu? Yuk, saatnya kendalikan kebiasaankebiasaan yang membuatmu sulit mencapai kesuksesan!

Related Articles

Leave a Comment