Home Music 5 Fakta di Balik Debut Eternity, K-Pop Girl Group AI Pertama

5 Fakta di Balik Debut Eternity, K-Pop Girl Group AI Pertama

eternity-kpop

Pencinta K-Pop pasti udah tahu Blackpink, Aespa, atau Mamamoo dong. Nah, kalau girl group baru bernama Eternity udah pada tahu belum? Yup, kemunculan girl group asal Korea ini memang cukup menggemparkan ya. Pasalnya, seluruh member dari Eternity ini nggak nyata lho, melainkan sebuah eksperimen terbaru dengan ide member AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Wah, makin penasaran kan semirip apa sih mereka sama perempuan asli, lalu sekeren apa performance mereka saat menyanyikan debut single terbarunya? Yuk, simak 5 fakta menarik di balik debut Eternity berikut.

1. Girl group beranggotakan 11 member dengan pesona dan kepribadian yang unik

Tak jauh berbeda dengan girl group Korea lainnya, Eternity juga memiliki cukup banyak personel. Disebutkan bahwa AI girl group ini terdiri dari 11 member, yaitu Minji, Seoa, Sujin, Dain, Yeoreum, Yejin, Jaein, Jiwoo, Hyejin, Sarang, dan Chorong. CEO Pulse9, Jieun “Jenny” Park juga mengatakan bahwa dirinya akan membangun dunia baru untuk idola virtual. Hal tersebut diwujudkan pada grup pendatang baru, Eternity.

2. Debut pada 22 Maret 2021 dengan digital single berjudul I’m Real

youtube.com/AiA-fab

Coba siapa yang udah nonton video klip Eternity ini? Wah, mereka terlihat sangat natural kan. Yup, Seperti berita yang sudah beredar, Eternity ini baru saja meluncurkan digital single pertama mereka berjudul I’m Real pada 22 Maret yang lalu. Untuk memperingati debut mereka, juga akan diadakan Eternity Pop-up Showcase pada 22-26 Maret di Yoho Seoul, Eulji-ro. Walaupun merupakan teknologi dari perusahaan AI, tetapi karya musik dari Eternity ini juga nggak kalah bersaing dengan girl group jebolan agensi musik lainnya.

3. Diluncurkan oleh sebuah perusahaan AI bernama Pulse9, Eternity bisa jadi saingan Miquela dan Imma

Buat penggemar sosok selebriti virtual, pasti tahu dong nama Lil Miquela. Ia merupakan influencer AI pertama asal Amerika Serikat yang tampak sangat nyata. Saking nyatanya, sosok avatar keturunan Brazil dan Spanyol ini juga punya karya sebagai model dan penyanyi, lho. Kalau di negara Jepang juga ada satu sosok model virtual bernama Imma. Influencer Jepang ini terlihat seperti manusia sungguhan dengan gaya rambut merah mudanya yang menarik perhatian. Nah, kira-kira para member Eternity yang artinya keabadian ini bisa jadi pesaing beratnya Imma dan Miquela nggak ya?

4. Eternity tidak menggunakan teknologi deep fake biasa, melainkan deep real AI

Pulse9 memperkenalkan proyek ini sebagai layanan AI pintar yang menciptakan gambar virtual kehidupan nyata, lalu menyintesisnya dengan gambar langsung dan menghasilkan konten. Jadi, tidak ada wajah mereka yang didasarkan pada wajah manusia sungguhan. Hasil gambar realistis tersebut menunjukkan seolah-olah mereka sebenarnya ada. Teknologi deep real AI ini berbeda dengan teknologi deep fake biasanya, terutama dalam hal realisme, biaya yang relatif rendah, dan waktu produksi yan singkat. Pokoknya jauh lebih canggih deh.

5. Wajah para member dipilih oleh para netizen via AI.DOL Challenge

Poin unik lainnya adalah wajah kesebelas member Eternity ini dipilih melalui AI.DOL Challenge. Jadi, ratusan idol akan dipertemukan dalam pemungutan suara pada tahun 2020 yang lalu. Beberapa faktor yang diperhitungkan adalah wajah yang unik, punya pesona, dan kepribadian yang unik. Nggak lupa nih sebagai idol, penampilan mereka pun harus terlihat sempurna terutama di mata para penggemar Kpop.

Wah, nggak nyangka ya semakin ke sini teknologi semakin canggih dan bikin tercengang. Kalau udah ada girl group, mungkin sebentar lagi bakal ada debut AI boy group nih.

Related Articles

Leave a Comment