Home Tech 7 Aplikasi Reksadana, Investasi Praktis dalam Genggaman

7 Aplikasi Reksadana, Investasi Praktis dalam Genggaman

Mengatur keuangan memang nggak boleh dilakukan secara asal-asalan. Lengah sedikit bisa-bisa jadi besar pasak daripada tiang. Beberapa financial planner mengatakan untuk menyimpan langsung 10-30% pemasukan setelah menerima gaji agar tidak terpakai untuk hal-hal lainnya. Nah, angka tersebut bisa dibagi lagi untuk beberapa hal misalnya investasi, tabungan, dan dana darurat. Bicara soal investasi, reksadana kini bisa dilakukan lewat aplikasi, lho!

Daripada hanya nabung di bank dan semakin lama dapat tergerus inflasi, sebaiknya kamu mulai melek investasi. Buat pemula, reksadana bisa jadi jawaban tepat nih. Prinsipnya, nabung dan lupakan. Memang sih, efek kenaikannya kurang bisa dirasakan dalam hitungan bulan. Namun, keuntungannya akan jelas terasa untuk jangka tahunan. Nggak mau kan uangmu habis begitu saja entah kemana? Ini dia 7 aplikasi reksadana yang akan memudahkan kamu berinvestasi dalam genggaman.

1. Bareksa

Ini dia teknologi finansial pertama di Indonesia yang telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai agen penjual reksadana. Salah satu aplikasi yang dapat diunduh di iOS maupun Android adalah Bareksa. Cukup dengan aplikasi ini, jual beli reksadana pun terasa lebih mudah. Sebab, kamu bisa memantau sendiri melalui smartphone mengenai grafik reksadana yang kamu beli. Jangan khawatir, transaksi yang kamu lakukan di sini terjamin resmi dan aman kok. Aplikasi ini juga memiliki lebih dari 100 produk reksadana, termasuk reksadana syariah yang dapat kamu beli dengan modal awal investasi sebesar 50 ribu Rupiah.

2. Tanamduit

Investasi reksadana kini semakin mudah dengan aplikasi Tanamduit yang juga telah tersedia di iOS maupun Android. Di sini kamu bisa berinvestasi dengan modal awal 50 ribu Rupiah. Transaksinya pun lebih aman sekaligus resmi dan mudah dilakukan melalui e-wallet seperti GoPay, Dana, dan LinkAja.

Biar nggak jajan terus, ternyata dengan nominal segitu kamu bisa sedikit demi sedikit beli reksadana untuk investasi masa depan. Interface aplikasi ini juga mudah dipahami oleh pemula dan telah tersedia edukasinya dengan video. Mudahnya lagi, kamu bisa login hanya dengan sidik jari tanpa perlu lagi mengetik username dan password.

3. Bibit

Demi mendapatkan alokasi optimal investor, Bibit menggunakan konsep portofolio teori dari Harry Markowitz. Oleh sebab itu, saat menggunakan aplikasi ini kamu nggak perlu lagi repot-repot membandingkan produk reksadana mana yang akan kamu beli karena semuanya telah dilakukan oleh robot pintar dalam aplikasi ini.

Interface-nya juga mudah dipahami para pengguna serta dilengkapi fitur live chat yang terhubung dengan customer service dan bisa kamu manfaatkan jika kamu bingung menggunakan aplikasi Bibit. Menanam investasi reksadana di Bibit bisa kamu mulai dengan modal awal sebesar 10 ribu Rupiah dan pembayarannya pun gratis tanpa biaya transfer sekaligus tanpa perlu konfirmasi bukti transfer.

4. Ajaib

Memiliki konsep portofolio yang sama seperti Bibit, investasi reksadana di aplikasi Ajaib juga terbilang mudah. Aplikasi Ajaib akan secara otomatis menyesuaikan produk reksadana dengan profil investor dan data pribadi lainnya. Jadi, kamu nggak perlu lagi kebingungan memilih produk reksadana sendiri karena pihak Ajaib meriset langsung portfolio reksadana sehingga akan didapatkan mana yang terbaik untukmu. Modal awal yang dibutuhkan untuk mulai berinvestasi pun hanya 10 ribu Rupiah saja.

5. IpotGo

IpotGo merupakan portal online yang dibentuk oleh Indo Premier Sekuritas untuk memudahkan masyarakat berinvestasi dalam genggaman. Dalam IpotGo kamu tidak hanya bisa berinvestasi reksadana saja. Ada juga saham dalam satu platform, satu akun, satu bank pembayaran, dan reporting.

Aplikasi ini memberikan kemudahan akses informasi seputar data keuangan perusahaan, data perdagangan, riset keuangan dan investasi, analisa reksadana, berita keuangan, serta fitur-fitur menarik lainnya. Namun, tak seperti pada aplikasi Ajaib dan Bibit, di sini kamu harus memilih sendiri produk reksadana mana yang ingin kamu beli.

6. Invisee

Aplikasi pembelian reksadana yang juga direkomendasikan untuk pemula adalah Invisee. Kamu bisa menanam reksadana dengan modal awal 10 ribu Rupiah. Interface-nya juga sederhana dan terbilang user friendly. Terlebih lagi dilengkapi fitur Goal Planner yang memungkinkan pengguna merancang rencana mereka, seperti rencana liburan umroh dan berkurban. Invisee juga akan segera menghadirkan fitur “Zakat Reksadana”, hasil kerja sama dengan BAZNAS yang diharapkan bisa membantu nasabah untuk membayar zakat maupun sedekah.

7. XDana

XDana sebagai agen penjualan reksadana mengusung misi kebebasan finansial di masa depan. Oleh karena itu, aplikasi reksadana ini ditujukan untuk generasi dan keluarga muda yang ingin meningkatkan kualitas hidup mereka dengan berinvestasi. Minimum investasi bisa dilakukan dengan uang sebesar 10 ribu Rupiah. Kalau kamu seorang investor reksadana pemula dan nggak mau ribet, kamu bisa mencoba fitur Xsaver khusus reksadana pasar uang, Xsyariah untuk reksadana syariah, serta Xpro untuk pembelian pasar uang, pendapatan tetap hingga saham.

Dari ketujuh aplikasi pembelian reksadana online tersebut, semuanya telah diawasi oleh OJK dan data-data pribadimu juga terjaga dengan aman serta transaksi dicatat resmi. Jadi, kamu mau mulai berinvestasi di mana nih?

Related Articles

Leave a Comment