Home Tech Jakarta Tergenang, Deretan Aplikasi Ini Bantu Hindari Banjir

Jakarta Tergenang, Deretan Aplikasi Ini Bantu Hindari Banjir

Masalah lingkungan yang telah menjadi penyakit kota metropolitan sejak lama belum juga menemukan titik terang. Hingga kini dampak banjir tidak hanya dirasakan oleh warga Jakarta, tetapi juga oleh masyarakat di daerah sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Sarana transportasi banyak yang lumpuh hingga mengakibatkan kemacetan yang mengular di dekat titik-titik banjir. Sudah pasti hal tersebut akan mengganggu segala aktifitas kamu, seperti berangkat ke kantor atau kuliah. Akses menuju kantor yang terendam membuat moda transportasi pun terhambat. Kalau sudah begitu, kamu butuh aplikasi ponsel pintar buat pantau lokasi banjir di Jakarta. Hmm, mau lewat mana ya? Yuk cek info berikut.

1. Molecool

Aplikasi Molecool tersedia di iOS dan Android. Di sini kamu bisa memantau CCTV real time yang ada di setiap jalan menuju kantor atau kampus. Wah, pastinya bikin kamu mudah untuk mengetahui seperti apa keadaan di lapangan. Nggak cuma bantu pantau CCTV, tetapi di aplikasi ini juga dapat menunjukkan letak restoran, pom bensin, hingga ATM terdekat dari lokasi kamu.

2. Petabencana.id

Kali ini bukan aplikasi, melainkan sebuah situs dengan interface yang cukup mudah untuk dipahami penggunanya dalam memantau banjir. Titik banjir ini ditandai dengan warna oranye, kuning, biru, dan merah. Petunjuk dan keterangan juga telah tersedia dalam situs ini. Pokoknya cukup dengan akses situs ini, kamu bisa memantau update bencana di Indonesia secara real time.

3. Pantau Banjir

Aplikasi yang dikembangkan oleh Pemprov DKI bernama Pantau Banjir ini tidak hanya menginformasikan titik-titik banjir semata. Cukup dengan mengakses aplikasi ini kamu dapat melaporkan perihal kondisi banjir di lokasimu dengan foto. Kamu juga bisa memberi informasi plus memantau seputar ketinggiannya dan jumlah pompa air yang dapat beroperasi.

4. Google Maps

Saking hectic-nya Jakarta kalau sedang banjir, Google Maps pun mengusung fitur khusus, yakni Jakarta Floods. Fitur ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar lalu lintas mana saja yang tidak bisa dilalui akibat banjir. Caranya, cukup perbesar lokasi yang ingin kamu kunjungi, maka ada tanda forbidden dan tanda seru yang berarti kemungkinan akan ditutup.

Semoga deretan aplikasi tersebut dapat memudahkan kamu untuk menghindari banjir Jakarta sebelum berangkat kerja ya. Langkah antisipasi dengan memantau keadaan jalan akan membuatmu lebih siaga. Jadi, bisa tahu harus lewat jalan mana atau bahkan nggak usah berangkat kerja aja deh!

Related Articles

Leave a Comment