Home Travel 5 Kesalahan Kecil yang Bikin Traveling Berantakan

5 Kesalahan Kecil yang Bikin Traveling Berantakan

kesalahan-traveling

Berlibur dan melakukan perjalanan bisa recharge tenaga sekaligus pikiranmu dari penatnya kesibukan yang hampir merenggut ketenangan jiwamu. Oleh sebab itu, kamu perlu merancang rencana perjalanan sebaik mungkin. Jangan sampai hanya karena kesalahan kecil, traveling kamu jadi berantakan. Terkadang hal-hal di luar dugaan bisa saja terjadi dalam perjalananmu dan menyiapkan semuanya sematang mungkin adalah kunci. Nggak mau kan momen traveling kamu terasa menyebalkan? Yuk, hindari 5 kesalahan kecil traveling ini yang seringnya tak kamu sadari.

1. Pergi mendadak tanpa itinerary yang jelas

“Minggu depan ke Bandung ah, tapi ke mana ya? Ah jalanin aja dulu!”

Waktu punya, uang pun ada, sayang banget nih kalau hanya berdiam diri di rumah. Apalagi merasa diri kamu butuh refreshing dari hiruk-pikuk perkotaan. Eits, meskipun kamu punya dua hal tersebut tetap saja kamu nggak boleh asal pergi tanpa itinerary yang jelas kalau nggak mau momen traveling kamu malah berantakan. Terkadang yang sudah direncanakan dengan matang saja bisa tak sesuai harapan, apalagi yang tidak?

Hal terpenting saat merencanakan perjalanan adalah riset. Kamu mau pergi ke destinasi mana, mau mencoba kuliner apa, budget yang kamu butuhkan berapa, hingga berapa lamanya perjalanan tersebut kamu lakukan. Kalau kamu nekat pergi tanpa jadwal dan list perjalanan yang jelas, bukan nggak mungkin liburanmu jadi sia-sia. Itu namanya traveling kamu kurang persiapan!

2. Jangan berekspektasi lebih pada destinasi wisata yang kamu kunjungi

Meski sudah merencanakan traveling sematang mungkin, hal-hal di luar espektasi pasti ada. Misalnya, destinasi yang kamu kunjungi nggak seindah di media sosial, tempatnya ramai sampai susah menikmati suasana, atau bahkan cuaca yang tidak mendukung. Alam memang tidak bisa ditebak. Jadi, memang sebaiknya kamu nggak perlu berespektasi tinggi pada sebuah tujuan. Kalau sesuai ya syukur, tetapi kalau tidak sesuai yang kamu harapkan, segera lakukan plan B. Itulah mengapa setiap perjalanan butuh perencanaan, saat ada hal yang tak sesuai espektasi setidaknya kamu masih punya plan B untuk mengupayakan kebahagiaanmu saat traveling.

3. Jangan terlalu fokus pada ponsel, mode silent dulu ya!

Salah satu kesalahan traveling yang sering dilakukan adalah masih nggak bisa mengabaikan gadget sejenak! Memang kita tak bisa menampik pernyataan kalau kita tak bisa lepas dari ponsel. Pasti kamu juga nggak mau ketinggalan momen untuk dibagikan di media sosial kan? Update status sih boleh saja, tapi setelah itu jangan terlalu fokus pada ponsel ya. Ingat, kamu sedang berlibur dan menenangkan pikiran bukan malah lagi-lagi hanyut di media sosial. Apalagi sampai merespon group WhatsApp perihal pekerjaan, kamu sedang berlibur bukan melakukan perjalanan dinas. Jadi, nggak perlu sering-sering membuka grup WhatsApp kantor!

4. Nggak perlu membawa banyak barang

Sesuaikan barang yang kamu bawa dengan lamanya perjalanan yang kamu lakukan. Kalau hanya pergi sehari-dua hari, cukup kok dengan 3 pasang baju kasual dan 1 pasang baju tidur. Tinggal pintar-pintarnya kamu mix and match baju yang kamu bawa aja. Simpan dulu deh koleksi aksesoris atau jam tanganmu, bawa seperlunya saja dan sesuaikan barang bawaan dengan kebutuhanmu dalam perjalanan.

5. Tak bisa berlapang dada kalau perjalanan tak sesuai harapanmu

Namanya juga perjalanan yang mengandalkan persetujuan semesta, tentu saja hal yang terjadi di luar eskpektasi sulit dihindari. Apalagi kalau menyangkut cuaca atau urusan alam lainnya. Namun yang terpenting dari sebuah perjalanan adalah kamu mau menerima saat itinerary yang kamu rancang tidak semua masuk checklist. Justru itu mengajarkan kamu untuk lebih bijak memandang hidup bahwa nggak semua yang kamu harapkan akan berjalan sesuai rencana dari contoh sederhana di momen traveling kamu. Katanya mau liburan, kok akhirnya malah kesel?

Biar liburan bebas dari hal menyebalkan, jangan lakukan 5 kesalahan traveling tadi ya, sebab biasanya hal-hal tersebutlah yang sering luput kamu sadari bisa menjadi dalang ketidaknyamanan saat melakukan perjalanan. Have fun, guys!

Related Articles

Leave a Comment