Home Travel 6 Wisata Budaya Indonesia ini Wajib Masuk List Travelingmu

6 Wisata Budaya Indonesia ini Wajib Masuk List Travelingmu

Indonesia tak hanya dikatakan sebagai negara kepulauan yang bisa kamu nikmati keindahan alamnya. Kamu juga bisa traveling ke tempat baru sambil belajar budaya yang ada di sini. Banyak banget yang bisa bikin seru, lho! Keanekaragaman, bangunan bersejarah, dan berbagai suku adat istiadat membuat Indonesia terkenal akan nilai budayanya yang tinggi. Kebudayaan dan sejarah itu patut dipelajari juga sehingga membuat wisatawan mancanegara ikut penasaran dengan keunikan budaya Indonesia. Nah, nggak ada salahnya nih buat kamu yang hobi traveling untuk coba mengunjungi objek wisata budaya di Indonesia. Selain menambah pengalaman, tentu kamu juga akan mendapatkan pembelajaran hidup bermakna yang sayang banget kalau dilewatkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, simak 6 wisata budaya Indonesia yang wajib masuk ke dalam bucket list kamu berikut. 

1. Desa Penglipuran terkenal akan desa yang teratur dan bersih

Apa yang ada di benakmu tentang Bali? Pasti terbayang keindahan alam yang cantik serta objek wisata budaya yang terkenal hingga ke mancanegara. Pas banget nih, kalau kamu sedang berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mampir ke Desa Penglipuran ya. Di desa ini kamu bisa melihat bangunan rumah yang teratur dan lingkungan yang bersih. Nyaman banget deh pokoknya!

2. Candi Borobudur sebagai warisan budaya yang terkenal megah

Terkenal akan Candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur menjadi warisan budaya Indonesia yang cukup berpengaruh. Di sini kamu bisa mempelajari kehidupan manusia yang terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu Kamadatu, Rupadatu, dan Arupadatu yang nggak bisa kamu temukan di mana pun. Bahkan, arsitektur bangunan batu yang sangat megah ini bisa jadi spot terbaik untuk koleksi foto-foto kamu. Selain bisa belajar, kamu juga dapat memotret objek candi Borobudur untuk dibagikan di feed Instagram milikmu.

3. Mengulik kisah dan sejarah Candi Prambanan yang masuk ke dalam situs UNESCO

Wisata budaya Indonesia yang masuk ke dalam situs wisata dunia UNESCO adalah Candi Prambanan. Objek wisata yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah ini cukup menarik perhatian dunia. Satu hal lagi yang bikin bangga dari Candi Prambanan adalah kerap dijadikan lokasi syuting film-film Hollywood. Di sini kamu juga bisa mengulik berbagai kisah maupun mitos yang beredar di masyarakat. Salah satu kisah yang paling dikenal adalah kisah cinta Bandung Bondowoso yang menyanggupi permintaan Roro Jongrang untuk membangun 1.000 candi dalam satu malam. Pantas saja jika Candi Prambanan mampu mencuri perhatian turis.

4. Konsep arsitektur tradisional Tanah Toraja yang unik dan mendunia

Siapa sih yang nggak kenal Tana Toraja, salah satu objek wisata budaya di Indonesia? Yup, wisata ini kerap mencuri perhatian hingga ke penjuru dunia, lho. Salah satu hal yang unik dari Tana Toraja, yaitu menyajikan keindahan alam dan bangunan rumah adat dengan konsep arsitektur tradisional yang unik. Masyarakat sekitar Toraja juga terkenal dengan kepercayaan, aturan, dan tradisi setempat yang cukup ketat.

5. Objek wisata Wae Rebo dijuluki permukiman di atas awan

Sekarang saatnya menuju objek budaya Indonesia Wae Rebo yang terkenal dengan julukan permukiman di atas awan. Wae Rebo sangat dikenal dengan gaya arsitektur 7 rumah adat yang bernama Mbaru Niang. Oh ya, bangunan yang unik ini kerap dijadikan spot foto terbaik, lho!

6. Tradisi lompat batu Nias yang harus kita jaga budayanya

Tradisi lompat batu merupakan tradisi andalan di Nias, Sumatera Utara yang kerap menjadi daya trarik pengunjung lokal maupun internasional. Tradisi ini memiliki makna mendalam bagi laki-laki yang sudah memasuki remaja untuk dapat membuktikan bahwa dirinya kuat dan perkasa. Nggak heran kalau seorang lelaki di Nias mampu melewati batu setinggi 2 m.

Wah, semua lokasinya legendaris dan sarat akan makna budaya ya. Hmm, jadi pengin langsung ke sana deh!

Related Articles

Leave a Comment