Home Travel Catat, 5 Tips Traveling Aman Bagi Penderita Sinusitis

Catat, 5 Tips Traveling Aman Bagi Penderita Sinusitis

traveling-sinusitis

Siapa sih yang nggak suka pergi traveling ke luar negeri atau dalam kota? Mungkin traveling bisa menjadi obat ampuh untuk menghilangkan stres akibat padatnya beraktivitas. Namun tahu nggak sih, khususnya buat kamu yang memiliki riwayat sinusitis, kegiatan traveling ternyata bisa membuat kamu kelelahan, lho.

Sinusitis sendiri merupakan sebuah infeksi pada sinus yang menyebabkan saluran hidung dipenuhi lendir yang mengakibatkan kamu susah bernapas. Sinus juga bisa dipengerahui beberapa faktor seperti bakteri, alergi, asma, polusi, cuaca hingga pertumbuhan daging di hidung. Traveling buat penderita sinusitis akan terasa berat. Namun tenang, kamu masih tetap bisa traveling aman dan nyaman meski mempunyai risiko sinusitis. Penasaran kan, tipsnya apa? Kepoin langsung, yuk!

1. Jaga kebersihan tangan

Rajin cuci tangan merupakan hal yang penting buat kamu perhatikan. Jika sudah tahu bakteri dan debu menjadi pemicu terjadinya sinusitis, perlu bagi kamu untuk harus tetap menjaga kebersihan tangan. Rajinlah untuk mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer sebelum menyentuh muka. Lalu, gunakanlah kain untuk mengusap muka agar meminimalisir adanya debu pada area tangan.

2. Rutin konsumsi air putih

Kondisi cuaca yang nggak menentu dapat membuat saluran hidung menjadi kering. Ketika hal tersebut terjadi, mungkin konsekuensi terburuk adalah peradangan. Nah, supaya selaput lendir tetap terhidrasi dengan baik. Sangat penting buat kamu untuk mengonsumsi air putih, karena dengan kamu memperbanyak konsumsi air putih sepanjang perjalanan membuat kamu terhindar dari sinusitis. Namun, usahakan konsumsi air putih yang hangat ya.

3. Perhatikan kesehatan mulut

Perlu diingat, rongga mulut dan hidung memiliki kaitannya yang sangat kuat sehingga ada beberapa pemicu sinusitis yang berasal dari mulut seperti gigi berlubang. Oleh karena itu, akan lebih baik buat kamu menjaga kesehatan mulut dengan rajin gosok gigi dan berkumur. Tips yang satu ini, harus kamu lakukan ya supaya rongga mulut pun terhindar dari bakteri yang menyebakan sinusitis terjadi. Nggak mau kan, sinusitis menggangu aktivitas traveling kamu?

4. Hindari asap rokok

Mungkin bagi kamu yang hobi jalan-jalan, pastinya sudah banyak bertemu dengan wisatawan dari berbagai negara maupun kota. Nah, karena polusi udara bisa menjadi pemicu sinusitis juga, sebaiknya kamu perlu mewaspadai asap rokok yang ada di sekitar kamu ya. Sebab, asap jahat yang kamu hirup dapat menyebabkan peradangan yang akut. Duh ngeri banget kan!

5. Waspadai cuaca dingin

Tips selanjutnya yang bisa jadi solusi untuk kamu traveling tetap aman meskipun mempunyai riwayat sinusitis adalah dengan pemilihan destinasi. Usahakan untuk kamu menghindari destinasi yang memiliki udara dingin seperti daerah dataran tinggi dan pegunungan. Kalau memang harus mendatangi tempat tersebut, jangan lupa untuk membawa perlengkapan penghangat tubuh seperti jaket dan scarf.

Tenang saja guys, penyakit sinusitis bukan jadi halangan. Tinggal sesuaikan kondisi dan perlengkapan traveling kamu biar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan.

Related Articles

Leave a Comment