Home Travel Liburan Seru, Ini 6 Wisata Edukasi untuk Si Kecil

Liburan Seru, Ini 6 Wisata Edukasi untuk Si Kecil

wisata-anak

Sembari liburan, yuk nggak ada salahnya mengajak sang buah hati pergi ke tempat wisata yang mengedukasi. Tak sekadar untuk menyenangkan si kecil saja, kini banyak sekali wisata-wisata yang dapat mengedukasi anak tentang dunia flora dan fauna, lho. Bahkan, tempat wisatanya dikemas dalam bentuk yang ramah bagi anak-anak. Selain bisa belajar mengenal binatang dan tumbuh-tumbuhan, pergi ke tempat wisata yang mengedukasi juga bisa menambah wawasan sejak dini. Nah, mau tau di mana saja wisata edukasi yang ada di Indonesia? Catat dulu ya, bund.

1. Rabbit Town, Bandung

youtube.com/Bianca Beladin

Ini dia salah satu wisata menarik yang menyuguhkan spot-spot artistik dan instagramable. Rabbit Town Bandung menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh keluarga, lho. Pasalnya, tempat wisata yang satu ini mempunyai kebun binatang mini dengan banyak fauna, berupa kelinci dan beberapa spesies burung lainnya. Uniknya, selama berwisata di sini anak-anak maupun dewasa diberi kesempatan berinteraksi langsung dengan fauna yang ada. Wah, seru banget kan?

2. De Ranch Lembang, Bandung

youtube.com/destinasi id

Siapa sih yang nggak kenal De Ranch Lembang, Bandung. Yup, kalau kamu datang ke sini jangan sampai terlewatkan atraksi menaiki kuda dengan kostum ala koboi ya! Bahkan, De Ranch Lembang menjadi wisata alternatif untuk mengedukasi anak-anak mengenai dunia fauna. Di sini juga menyediakan arena bermain anak-anak, wahana permainan outbond dan spot kulineran yang mampu memanjakan anak-anak usai berkuda.

3. Bandung Zoological, Bandung

youtube.com/Wonderful Destinations

Nggak cuma Bogor saja yang punya kebun binatang, Bandung ternyata juga punya wisata fauna yang menyuguhkan atraksi menarik dan tak kalah seru, lho! Yup, namanya Bandung Zoological. Ada beragam koleksi fauna yang masuk kategori hewan langka di Indonesia seperti Harimau Sumatera, Tapik Tenur, Harimau Benggala, Elang Bondol, dan masih banyak lagi. Selain belajar mengenai satwa yang ada di Indonesia, keberadaan spot-spot keren, taman bermain anak, area perahu kayuh, dan wahana seru lainnya bikin siapa saja yang datang ke sini semakin betah untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

4. Taman Buah Mekarsari, Bogor

youtube.com/Kensa Athalia

Jika kamu sedang berada di wilayah Bogor, jangan lupa untuk ke wisata Taman Buah Mekarsari yang menjadi kebun buah terbesar di daerah Bogor. Tempat ini menawarkan asyiknya belajar mengenai ribuan tanaman yang sangat ramah untuk dikunjungi anak-anak. Bahkan destinasi wisata ini menawarkan berbagai kegiatan seru dan mengedukasi anak, seperti kegiatan pembibitan, pemeliharaan, pengelolaan, hingga pemasaran. Wisata Taman Buah Mekarsari cocok menjadi sarana edukasi anak-anak tentang proses penanaman buah.

5. Kebun Raya Bogor, Bogor

youtube.com/DIARY DIMURA

Memiliki 1.500 jenis koleksi tumbuhan dan pohon membuat Kebun Raya Bogor menjadi destinasi favorit keluarga. Tempat yang terkenal dengan keberadaan bunga bangkai yang terbesar di dunia ini memang sangat ramah untuk dikunjungi anak-anak. Nggak cuma sekadar melihat bunga dan pepohonan saja, di Kebun Raya Bogor si kecil bisa bermain dan mempelajari beragam jenis tumbuhan. Tentunya sangat mengedukasi, bukan?

6. Kuntum Farm Field, Bogor

youtube.com/Khairul Leon Travelogue

Satu lagi tempat edukasi anak yang bisa kamu kunjungi adalah Kuntum Farm Field. Di tempat ini si kecil bisa belajar mengenai cara memelihara dan memberi makan hewan-hewan jinak seperti sapi, kambing, kelinci dan lain-lain. Nggak cuma belajar tentang fauna saja, di Kuntum Farm Field terdapat kebun sayuran yang dapat dikunjungi untuk belajar menanam dan memelihara tumbuhan. Oh ya, uniknya ada juga kolam setinggi mata kaki anak yang dapat digunakan untuk menangkap ikan secara langsung, lho.

Nah, itu dia beberapa destinasi wisata edukasi di Indonesia yang wajib untuk di kunjungi. Jadi, gimana nih bund sudah ada gambaran untuk ngajak si kecil liburan ke mana?

Related Articles

Leave a Comment