Home Travel One Day Trip Keliling Jakarta, Intip Itinerary Seru Ini!

One Day Trip Keliling Jakarta, Intip Itinerary Seru Ini!

mrt-jakarta

Dibalik hiruk pikuk kota Jakarta yang dipenuhi lalu lalang kendaraan dan para pekerja kantoran, ternyata Jakarta juga bisa menjadi destinasi wisata yang murah meriah. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, liburan singkat dengan itinerary keliling Jakarta yang akan CtreeMagz ulas berikut bisa kamu nikmati tanpa harus merogoh kocek telalu dalam. Biar trip keliling Jakarta semakin seru, kamu bisa melakukannya bersama sahabat, keluarga, atau pasangan. Wah, bisa jadi agenda kencan yang menarik nih!

1. Cari stasiun terdekat, simpan dulu kendaraan pribadimu ya!

Keliling Jakarta rasanya belum lengkap kalau tanpa menikmati moda transportasi umum, biar rasa petualanganmu kali ini lebih berasa serunya. Mengingat kamu akan berkeliling Jakarta dengan kendaraan umum sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman, alas kaki nyaman, dan tas ransel dengan ukuran yang tak terlalu besar. Pokoknya pas untuk menyimpan bekal makanan ringan, botol minum, kamera, serta kebutuhan pribadi lainnya.

Biar lebih praktis jangan lupa persiapkan e-card kamu untuk keluar masuk stasiun manapun. Lalu, lakukan perjalanan dengan kereta menuju Stasiun Jakarta Kota. Rute yang dituju adalah Stasiun Jakarta Kota karena jaraknya tak terlalu jauh dengan destinasi wisata bernuansa Jakarta Tempo Dulu dengan bangunan-bangunan tua di sekitarnya yang bisa kamu jelajahi.

2. Keliling Kota Tua dan menikmati segala macam hiburan di sana

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana, lho! Bukan hanya berkeliling dengan sepeda ontel saja, tapi kamu juga bisa mencicipi street food seperti pecel pincuk. Cara penyajiannya pun masih tradisional, makanan tersebut dapat kamu temukan di sepanjang jalan dari arah Stasiun Jakarta Kota menunju Museum Fatahillah. Hunting foto dengan latar bangunan tua, berkeliling Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, serta Museum Seni Rupa & Keramik dapat kamu lakukan saat menjelajah wisata Kota Tua.

3. Lanjut lagi kamu bisa mencoba bus tingkat dari depan Kota Tua

Jakarta juga menyediakan bus tingkat gratis dengan berbagai macam rute. Nah, kalau dari Kota Tua kamu bisa naik dari depan gedung BNI 46 yang berada tak jauh dari depan Stasiun Kota. Bus tingkat dari BNI 46 akan melakukan perjalanan menuju Monas, Masjid Istiqlal, Pasar Baru, Juanda, IRTI. Kamu bisa menanyakan pada tour guide bus tingkat tersebut, kemana rute selanjutnya. Itinerary kali ini menyarankan kamu untuk mengunjungi Ruang Terbuka Hijau Kalijodo.

4. Rute perjalanan dari Kota Tua menuju Kalijodo

rute bus tingkat Jakarta Explorer
jakartatraveller.com

Bus tingkat dari Kota Tua menuju Kalijodo harus transit terlebih dahulu di IRTI Monas, dari sana kamu bisa turun dan keliling Monas, kalau waktu yang kamu miliki masih senggang. Baru setelah itu mengunjungi ruang terbuka publik Kalijodo sambil menonton para skateboarder bermain. Di RTH Kalijodo juga tersedia berbagai macam jajanan untuk menemani duduk santai kamu di sana. Oh ya, di bawah jam 5 sore bus tingkat masih beroperasi untuk membawamu ke Bundaran HI.

5. Melakukan perjalanan pulang dengan MRT di Bundaran HI

Setelah puas duduk santai di RTH Kalijodo, kamu bisa menuju Bundaran HI dengan bus tingkat lagi asalkan masih dalam jam operasionalnya sekitar pukul 5 sore. Di Bundaran HI kamu bisa mengabadikan momen dengan foto berlatar gedung-gedung pencakar langit. Biar trip keliling Jakarta semakin lengkap, nikmati juga moda transportasi umum MRT dengan kenyamanan serta nuansanya yang cukup sophisticated. Kalau ingin kembali pulang dengan KRL, kamu bisa menuju MRT Dukuh Atas yang dekat dengan Stasiun Sudirman.

Sebaiknya lakukan one day trip ini dari pagi agar kamu punya banyak waktu untuk berjelajah. Trip tanpa kendaraan pribadi dimaksudkan agar kamu lebih menikmati suasana sekitar dan mengantisipasi kemacetan dengan menggunakan sarana transportasi yang ada. Jangan lupa untuk selalu menjaga barang bawaan di tas kamu serta tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 ya! Selamat berlibur!

Related Articles

Leave a Comment