Home Travel 5 Tips Atur Keuangan Supaya Liburanmu Anti Wacana

5 Tips Atur Keuangan Supaya Liburanmu Anti Wacana

atur-keuangan

Traveling jadi obat yang ampuh untuk menghilangkan penat. Tak heran kalau para traveler rela mengumpulkan dana demi pergi ke tempat destinasi impian. Apalagi di masa pandemi seperti ini, bikin agenda liburanmu yang telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari harus tertunda. Jalan-jalan ke tempat destinasi favorit pun kini hanya angan-angan belaka. Bahkan, kondisi yang tidak memungkinkan saat ini menjadikan kita semua harus mengelola uang dengan bijaksana. Wah, jadi sulit untuk pergi berlibur dong? Tapi, tenang! Jangan kubur impian kamu ya. Kamu masih bisa kok menikmati liburan setelah pandemi usai dengan mengontrol keuangan kamu. Penasaran kan, tips atur keuangan ampuhnya gimana? Simak tips berikut yuk!

1. Selama WFH alihkan anggaran transportasi ke anggaran khusus liburan

Beberapa bulan terakhir, kantor-kantor di seluruh wilayah Indonesia hampir menerapkan kebijakan untuk work from home (WFH). Bahkan, mungkin sampai saat ini banyak kantor yang masih menerapkan sistem WFH dan membuat jadwal masuk giliran demi memenuhi protokol kesehatan. Oleh karena itu, kini saat yang tepat untuk kamu mengalokasikan pengeluaran transportasi harian ke dalam anggaran untuk liburan. Lumayan banget kan, kalau bisa menutupi biaya akomodasi tiket liburan kamu.

2. Sisihkan penghasilan side job untuk tabungan traveling

Penting untuk kamu memiliki pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama. Sekarang saatnya bagi kamu menggunakan pendapatan itu sebagai tambahan untuk budget jalan-jalan. Nggak mesti semuanya kok, cukup sisihkan setengahnya saja dari total pendapatan ke dalam anggaran liburan kamu. Dijamin liburan kamu anti wacana, deh!

3. Jangan tergiur diskon, beli barang yang dibutuhkan saja

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau di tengah suasana pandemi seperti ini, godaan berbagai diskon belanja mampu menggoyahkan tekad kamu. Apalagi tiada hari tanpa terpapar godaan promo dan diskon di berbagai platform ecommerce. Eits, jangan sampai kamu tergoda ya! Untuk itu, tanamkan pada pikiranmu untuk hanya membeli barang yang dibutuhkan saja. Bukan pelit, tapi sekali-kali berhemat untuk liburan gapapa kok!

4. Tetap berhemat dan kontrol keuangan

Selama work form home mungkin pengeluaran bulanan bisa kamu hemat. Seperti biaya tranportasi, snack, nongkrong, biaya makan siang, atau biaya ngopi setelah jam pulang kantor. Selain itu, kondisi pandemi saat ini membuat kita lebih memilih untuk belanja dan memasak secara mandiri. Tanpa disadari, ternyata kamu bisa kok atur keuangan kamu, lho. Malah nggak bikin rekeningmu jebol!

5. Manfaatkan pembagian dividen dari investasimu

Mungkin di antara kamu ada beberapa yang sudah melek finansial? Yup, pendapatan tiap bulan tidak hanya ditempatkan dalam instrumen yang sama dong pastinya. Beruntungnya bagi kamu yang sudah terjun langsung ke dunia pasar modal, solusi seperti ini bisa memanfaatkan dividen saham yang kamu peroleh untuk tambahan uang liburan kamu. Nggak apa-apa sedikit demi sedikit, nanti lama-lama jadi bukit kok!

Gimana nih, kondisi pandemi malah bikin kamu makin hemat atau makin boros? Coba hitung-hitung lagi dan atur keuanganmu dari awal ya, biar impian kamu buat liburan bisa terwujud.

Related Articles

Leave a Comment