Home Women Biar Wajah Fresh, Wanita Perokok Perlu 5 Perawatan Ini

Biar Wajah Fresh, Wanita Perokok Perlu 5 Perawatan Ini

wanita-perokok

Meski merokok banyak membawa dampak negatif bagi kesehatan, tetapi nyatanya rokok telah menjadi candu bagi banyak orang, tak terkecuali wanita. Bagi para perokok berat, rokok merupakan hal yang sulit untuk ditinggalkan. Kalau sudah begitu, yang bisa dilakukan adalah menyeimbangkan gaya hidup sehat agar tubuh memiliki sistem imun yang cukup kuat untuk menghadapi efek buruk merokok termasuk permasalahan kulit, gigi, dan mulut. Oleh sebab itu, wanita perokok harus menyadari pentingnya perawatan kulit karena merokok membuat kulit rentan terhadap penuaan dini. Nah, ini dia perawatan yang dapat dilakukan oleh perempuan perokok agar wajah tetap terlihat fresh!

1. Lakukan perawatan wajah dasar

Kulit wajah perokok lebih mudah terserang permasalahan kulit seperti kusam, kering, bahkan jerawat yang disebabkan oleh radikal bebas dari asap rokok. Karenanya, perawatan wajah mendasar perlu dilakukan oleh wanita perokok. Apa saja sih perawatan wajah dasar tersebut?

Rajin mencuci muka 2 kali sehari bila perlu, lengkap dengan double cleanser agar wajah bebas dari sisa nikotin yang menempel pada wajah saat tidur. Lalu tak lupa mengaplikasikan moisturizer di pagi hari serta diikuti dengan sunscreen agar kulit tetap lembap dan kandungan yang ada pada sunscreen membantu sehatkan kulit agar kondisinya tak semakin memburuk akibat asap rokok.

2. Perokok aktif harus mengonsumsi air putih lebih dari 8 gelas sehari

Merokok membuatmu menimbun racun, karena perokok aktif akan menimbun nikotin di dalam tubuh yang dapat mengentalkan darah sehingga oksigen, vitamin, dan mineral yang diedarkan darah tidak dapat terserap secara optimal oleh tubuh. Perokok memang lebih membutuhkan banyak cairan untuk mengeluarkan racun. Usahakan minum 6-12 gelas per hari agar tubuhmu cukup terhidrasi dan kulit pun tetap terlihat segar.

3. Atasi gigi kuning dengan baking soda dan obat kumur

obat kumur

Salah satu efek rokok yang berpengaruh terhadap penampilan adalah gigi kuning. Zat nikotin yang berasal dari rokok tak hanya membuat kuku-kuku menguning, tetapi juga gigi. Urusan penampilan merupakan hal yang penting bagi wanita dan gigi yang kuning akibat merokok tentu saja mengganggu rasa percaya diri mereka.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa membersihkan gigi dengan baking soda paling tidak seminggu sekali. Caranya pun mudah, cukup kentalkan baking soda seperti pasta lalu gunakan seperti menyikat gigi biasanya. Jangan lupa gunakan obat kumur setelah merokok agar mulut tetap segar.

4. Rajin scrub bibir dengan gula atau produk lip scrub

Selain membuat gigi menguning, rokok juga dapat mengubah warna bibir menjadi lebih gelap karena kandungan nikotin yang memengaruhi pigmen pada bibi. Selain itu, kandungan benzyprene pada rokok juga berperan dalam hal tersebut. Aliran darah ke bibir yang terhambat pun akhirnya membuat bibir wanita perokok sering kering hingga warnanya tak lagi segar. Perawatan yang bisa dilakukan adalah rutin memberi lip scrub pada bibir untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang kering akibat rokok dan membuatnya kembali segar merona. Bahan sederhana yang bisa digunakan adalah gula dengan madu.

5. Menggunakan retinol untuk menjaga keelastisan kulit wajah

Retinol adalah turunan vitamin A yang sering dijadikan bahan baku untuk cream anti aging karena mampu meregenerasi kulit, mengurangi garis keriput, dan meningkatkan kadar kolagen sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Retinol juga dapat menjadi antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh asap rokok. Saat menggunakan retinol, seimbangkan nutrisi kulit dengan moisturizer di pagi hari agar kulit tidak kering.

Itu dia kelima tips perawatan untuk wanita yang merokok, tapi bagaimana pun juga merokok bukanlah hal yang baik untuk kesehatan dan bukan hal yang mudah pula untuk dilepaskan oleh perokok aktif. Selagi berupaya berhenti merokok, perhatikan juga gaya hidupmu agar tubuh tetap prima.

Related Articles

Leave a Comment